Notification

×

Indeks Berita

Rombongan Wartawan Bukittinggi Berbagi Pengalaman dengan Kominfo Pemko Pekanbaru

Jumat, 24 November 2023 | November 24, 2023 WIB Last Updated 2023-11-27T14:24:51Z

Rombongan wartawan Bukittinggi ketika diterima Kadis Kominfotik Pemko Pekanbaru melalui Plt.Sekretaris. Foto..Ist


padanginfo.com-PEKANBARU-Kadis Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru melalui Pelaksana Tugas Sekretaris OPD ini Kanastasia Darma Alam Damanik didampingi jajaran menerima kunjungan studi best practice wartawan Bukittinggi yang dikoordinir Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bukittinggi Suryardi bersama Kabid Ramon Arisa Putra berserta rombongan.


Alam, sapaan akrab Plt Sekretaris Dinas Kominfotiksan Kota Pekanbaru mengatakan pemerintah daerah ini akui kerjasama dengan insan media disikapi menggunakan aplikasi secara online, sehingga disaat pendaftaran kerjasama tersebut tidak disikapi secara manual/face to face.


"Kami tidak menerima pendaftaran kerjasama media dengan wartawan  yang datang ke kantor ini menggunakan berkas secara fisik, tapi file itu diupload secara online,"ujarnya

Salah satu slide yang dipresentasikan oleh Dinas Kominfotiksan Kota Pekanbaru

Ia juga akui 325 media  yang telah memiliki kerjasama dengan Pemko Pekanbaru. Namun, bentuk kerjasama ditindaklanjuti dengan pemberian  advertorial kepada media yang ditujuk langsung oleh Dinas Kominfontiksan Kota Pekanbaru. Sedangkan, untuk peliputan agenda pimpinan daerah dan kegiatan kepemerintahan/OPD  harian tidak diakomodir  dengan anggaran dari pihaknya. Sebetulnya, keterbatasan anggaran keuangan melatarbelakangi  realisasi kerjasama dengan media massa untuk pelayanan publikasi.


"Jadi, kami tidak berikan pergantian jasa peliputan untuk pemberitaan harian, tapi ada kegiatan blusukan yang dilakukan pak walikota di lapangan, ada kita fasilitasi sejumlah wartawan untuk uang transportnya. Nah, untuk Advertorial  itu nilainya 2,5 rupiah untuk publikasi per media. Jadi, dalam satu tahun itu tidak banyak media yang mendapatkan Advertorial atau pariwara,"katanya


Alam menambahkan dipilihnya Kota Pekanbaru sebagai daerah tujuan studi best practice menjadi kebanggan, bahkan Pemerintah Kota Bukittinggi bukan kali pertama berkunjung di daerah ini.

Bahkan, hingga akhir November 2023 Pemko Pekanbaru akan menerima kunjungan studi komparatif dari pemerintah kabupaten/kota lain di Sumatera Barat.


Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bukittinggi Suryadi didampingi Kepala Bidang  Statistik Informasi dan Komunikasi Publik Ramon Arisa Putra menyebutkan pihaknya ingin studi best practice ini berbalas dengan pelaksanaan agenda yang sama sehingga para awak media dari Pekanbaru difasilitasi berkunjung ke Kota Bukittinggi.


"Kami mengucapkan terima kasih atas fasilitasi studi best practice di Kota Pekanbaru, kami ingin kunjungan ini berbalas nantinya, wartawan Pekanbaru dapat berkunjung ke daerah kami. Hubungan baik ini kita harapkan dapat terus terjalin dengan baik,"sebutnya (*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update