Notification

×

Indeks Berita


Seratus Orang Jurnalis Sumbar Mengikuti Pelatihan Kebencanaan Bersama BPBD

Kamis, 16 November 2023 | November 16, 2023 WIB Last Updated 2023-11-16T05:24:55Z
padanginfo.com-PADANG- Sebanyak seratus orang jurnalis di Sumbar mengikuti pelatihan relawan bencana, Kamis 16 November 2023 di Padang.

Kegiatan bertajuk "Melalui Pelatihan Jurnalistik Bencana, Kita Wujudkan Kolaborasi Pentahelix dan  Pemberitaan yang Seimbang" dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada jurnalis dalam meliput bencana.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Fajar Sukma, mewakili Kepala BPBD Sumbar mengatakan, pelatihan yang didukung oleh dana pokir anggota DPRD Sumbar Hidayat SS MH (Gerindra) diharapkan dapat memberi wawasan kepada jurnalis dalam meliput terjadinya bencana.

Menurut Fajar, Sumbar adalah etalase bencana. Ada 7 kabupaten kota yang terancam oleh megatrust Mentawai. Belum lagi ancaman abrasi, angin puting beliung dan banjir yang mengancam kabupaten kota lainnya.

Hidayat, yang membuka kegiatan pelatihan, dalam paparannya menyampaikan, jurnalis perlu memahami peta wilayah kebencanaan.

Sebagai seorang wartawan, politisi Partai Gerindra ini berharap, jurnalis dalam menulis berita dapat menyejukkan. Tidak termakan isu dan sumber berita harus akurat.

"Ini pengalaman kita ketika terjadi gempa 2009 lalu. Ada yang menyebut air laut naik sampai ke Pondok. Padahal itu hoax," sebut Hidayat.

Pelatihan akan berlangsung 16-17 November 2023. (in/ak)




Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update