Notification

×

Indeks Berita

Himbauan PVMBG Soal Erupsi Gunung Merapi Sumbar

Jumat, 22 Desember 2023 | Desember 22, 2023 WIB Last Updated 2023-12-22T12:10:34Z
padanginfo.com-PADANG- Kementerian Energi Sumber Daya Mineral ,(KESDM) mengeluarkan himbauan terkait erpsi Gunung Merapi (2.891 mDpl).di Sumatera Barat.
Adapun himbauan mencakup:

Telah terjadi erupsi G. Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 22 Desember 2023 pukul 12:19 WIB namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini ± 1 menit 25 detik.

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status *Level II (Waspada)* dengan rekomendasi:

1. Masyarakat di sekitar G. Marapi dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki dan melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 km dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek) G. Marapi.

2. Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran/bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak G. Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

3. Untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik maka masyarakat yang berada di sekitar G. Marapi agar menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Selain itu jika terjadi hujan abu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

4. Masyarakat yang ada di sekitar G. Marapi dan seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoax), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah.(in).



Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update