Notification

×

Indeks Berita

Hingga Rabu Pagi, Korban Tewas Erupsi Gunung Merapi 23 Orang

Rabu, 06 Desember 2023 | Desember 06, 2023 WIB Last Updated 2023-12-06T01:46:48Z
Tim SAR gabungan sedang melakukan evakuasi korban erupsi Gunung Merapi, Sumatera Barat, Selasa 5 Desember 2023. (Foto: tangkapan layar Tim SAR)

Padanginfo.com-AGAM- Data terakhir jumlah korban meninggal erupsi Gunung Merapi (2.891 meter dpl) tercatat 23 orang. Sementara jumlah kantong jenazah yang sudah diturunkan hingga Selasa malam 5/12 berjumlah 16 kantong.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, SIK menyampaikan update terakhir korban kepada media, Selasa malam.

"Update hingga malam ini, dari 75 orang pendaki yang tercatat, sebanyak 52 orang sudah berhasil diselamatkan. Sebanyak  23 orang dinyatakan meninggal dunia," kata Suharyono.

Kapolda mengatakan, jumlah 23 orang meninggal merupakan korban yang telah diketahui keberadaannya. 

"Saat ini tim gabungan masih mencari sejumlah orang yang masih terjebak di Gunung Marapi," ulasnya.

Dijelaskan Suharyono,  pencarian korban dilakukan oleh 300 orang personil gabungan yang terdiri dari 32 tim. Tim melakukan penyisiran di kawasan Gunung Merapi.

Sementara itu Kepala Basarnas Padang Abdul Malik mengatakan, jumlah kantong mayat yang diturunkan sebanyak 16 kantong.

"Kantong mayat ini kini berada di R.S.Achmad Muchtar Bukittinggi untuk dilakukan proses  DVI, Diserse Victim Identivication. Dimana DNA korban dicocokkan dengan DNA keluarga terdekat untuk memastikan hubungan korban.

Sebelumnya, pada Senin malam 4/12 tim telah mengevakuasi korban dalam 5 kantong mayat. Kelima korban meninggal sudah dicocokkan DNAnya dan telah dibawa oleh keluarga untuk dimakamkan. (in).


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update