Notification

×

Indeks Berita

Kabupaten Dharmasraya Dikepung Banjir, Jalan Baru ke Solok Selatan Putus

Minggu, 31 Desember 2023 | Desember 31, 2023 WIB Last Updated 2023-12-31T08:20:32Z
PUTUS- Jalan baru dari Solok Selatan  menuju Dharmas Raya putus akibat aliran sungai kecil di bawahnya tergerus air. (Foto: ist).


padanginfo.com-DHARMASRAYA- Hujan dan tanah longsor yang mengguyur sejumlah kawasan Sumatera Barat sejak pekan terakhir Desember 2023, tidak saja memutuskan transportasi darat Sumbar-Riau. Jalur lintas tengah menuju Jakarta juga terganggu akibat longsor pebukitan di Kota Sawahlunto.

Kabar terbaru, banjir besar juga terjadi di Kabupaten Dharmasraya, pada hari Sabtu 30 Desember 2023. Ketinggian air mencapai sedada orang dewasa, terutama di Kecamatan Abai Siat. Sejumlah warga dievakuasi dengan perahu karet.

Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, S.I.K, beserta jajaran Polres dan Polsek Sungai Rumbai turun langsung memimpin evakuasi di Nagari Abai Siat, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya.Pada Sabtu, 30 Desember 2023, pukul 20.30 WIB, dini hari.

Mengutip info dari portal Mabes Polri, Kapolres AKBP Nurhadiansyah menyampaikan bahwa tim SAR Polres Dharmasraya telah dikerahkan menggunakan perahu karet dari Satsampta. 

Evakuasi dilaksanakan di beberapa jorong, termasuk Jorong Ulak Banjir, Jorong Bukit Aman, Jorong Ranah Baru, Jorong Rumah Nan Ampek, Jorong Saiyo, Jorong Padang Bungur Barat, dan Jorong Padang Bungur Timur. Sebanyak 250 rumah terdampak banjir menjadi fokus utama evakuasi.

Bupati Dharmasraya,  Sutan Riska Tuanku Kerajaan , turut serta dalam kegiatan ini. Kapolres beserta jajaran, terdiri dari Kabag, Kasat, Kapolsek Sungai Rumbai, dan personel Polres Dharmasraya serta Polsek Sungai Rumbai, secara aktif terlibat dalam membantu masyarakat yang terkena dampak banjir. Selain itu, mereka memberikan bantuan untuk memindahkan perabotan rumah tangga ke tempat yang lebih tinggi guna mengamankan dari ancaman banjir.

Upaya evakuasi ini dilakukan demi menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat yang terdampak bencana alam. Kapolres menegaskan bahwa evakuasi ini juga bertujuan untuk memberikan dukungan maksimal bagi warga yang membutuhkan perlindungan dan bantuan di tengah situasi darurat ini.

Sementara itu, banjir juga terjadi di wilayah Solok Selatan, tepatnya di kawasan Sungai Sungkai. Akibatnya, jalan aspal  yang baru dibangun menuju Kabupaten Dharmas Raya putus  (*/in)




Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update