Notification

×

Indeks Berita

Terhitung 24 Desember, Hutama Karya Buka Akses Tol Bangkinang ke 13 Koto Kampar Untuk Arus Libur Akhir Tahun

Minggu, 24 Desember 2023 | Desember 24, 2023 WIB Last Updated 2023-12-23T23:57:43Z
Gerbang tol 13 Koto Kampar menuju batas Riau dengan Sumbar. (Foto: YouTube Humas Pemprov Riau).

padanginfo,com- PEKANBARU - Pemprov Riau sangat peduli kebutuhan warganya. Menghadapi libur akhir tahun, Natal dan Tahun Baru, atas izin regulator jalan tol PT. Hutama Karya, terhitung Minggu pagi 24 Desember 2023 jam 08.00 WIB ruas tol Pekanbaru-13 Koto Kampar dibuka untuk lalu lintas umum.


Pembukaan ruas tol ini setelah  kunjungan Gubernur Riau, Edy Nasution  didampingi oleh Project Director Hutama Karya Jalan Bangkinang – Pangkalan, Bambang Hendarto, Kamis (21/12).


 Ruas ini adalah ruas Jalan Tol Bangkinang Tahap 1 (Bangkinang - Tanjung Alai) dengan panjang 24,7 km. 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menjelaskan,  sebelumnya PT. HK telah memberikan keterangan resmi terkait 2 ruas jalan tol fungsional, dengan penambahan ini maka terdapat  3 ruas yang dibuka secara khusus di JTTS.


“Hal ini diharapkan dapat mendukung konektivitas masyarakat dari Provinsi Riau menuju Sumatra Barat maupun sebaliknya. Selama fungsional, jalan tol ini masih belum bertarif atau gratis, namun kami tetap menghimbau pengguna jalan tol yang akan melintas untuk tetap menyiapkan kartu UE dan melakukan tapping kartu,” ujar Tjahjo, Sabtu (23/12) sebagaimana dikutip dari Media Center Riau. 


Dijelaskan Tjahjo, dengan kehadiran ruas jalan tol ini maka masyarakat dapat menghemat waktu tempuh dari Bangkinang menuju Tanjung Alai, yang semula sekitar 40 menit jam menjadi hanya 20 menit saja.


Selain itu, akses ke berbagai tempat wisata juga akan semakin mudah, seperti wisatawan dari Bangkinang yang ingin menuju Lereng Green View yang terletak di daerah Tanjung Alai, untuk menikmati pemandangan, atau masyarakat Tanjung Alai yang ingin berwisata kuliner ke daerah Kampar, menikmati Sate Lidah dan Kapiek Tak Bertulang sambil menyeruput Dadiah.


“Dari total panjang jalan sejauh 25 km, sekitar 4 km masih dalam proses pengerjaan. Kami menghimbau agar masyarakat yang melintas tetap berhati-hati, mengingat masih ada sebagian jalan yang dalam tahap pembangunan,” ujar Edy. 


Pembukaan ruas tol ini bersifat sementara, untuk kebutuhan masa liburan akhir tahun, hingga 3 Januari 2024. Pembukaan berlangsung dari jam 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Untuk malam hari ditutup. (MC Riau/in) 

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update