Notification

×

Indeks Berita

Pertamina Terminal Teluk Kabung Luncurkan Bank Sampah

Selasa, 19 Desember 2023 | Desember 19, 2023 WIB Last Updated 2023-12-19T01:43:09Z
Pertamina Integrated Terminal Teluk Kabung Dukung Pemerintah Atasi Sampah 


padanginfo.com-PADANG- 
--PT Pertamina Integrated Terminal Teluk Kabung me-launching kehadiran Bank Sampah  TKT Sejahtera di Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Senin (18/12). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program development perusahaan energi ini.   

"Program ini merupakan respon dan komitmen kami dalam melihat permasalahan di lingkungan sekitar perusahaan dan mendukung program pemerintahan dalam penanganan masalah sampah, terkhusus di Kelurahan Teluk kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk kabung ini," kata Integrated Terminal Manager Teluk Kabung, Dwi Haryono.

Intinya lanjut dia, program ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Padang dalam penanganan sampah  sejak dari RT dan RW. Lebih jauh dari itu, program ini mendukung Suistainable Development Goals (SGDs) nomor 13, yaitu penanganan perubahan iklim.

Dwi berpesan agar kelompok tersebut tetap konsisten dalam menjalankan program, karena saat masyarakat  antusias, perusahaan akan lebih antusias lagi dalam mendukung program ini. "Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL ) kami pada masyarakat sekitar.

Perusahaan akan selalu konsisten untuk membantu kemajuan dan kesalamatan masyarakat sekitar," ujarnya.

Dia juga berharap, permasalahan sampah di Bungus Teluk Kabung bisa berkuranng. 

"Semoga permasalahan sampah di Bungus Teluk Kabung ini bisa berkurang,  bahkan tidak ada lagi sampah," harapnya.

Apalagi Pertamina tidak hanya menyerahkan bantuan ke Bank Sampah  TKT Sejahtera saja, tapi juga memberikan pelatihan sekaligus praktek bagi anggota kelompok untuk peningkatan kapasitas dalam memilah, mengolah, san mengelola sampah. Dari pelatihan itu,  anggota kelompok ini sudah  mampu mengolah samlah organik menjadi eko enzim dan mengolah sampah non organik menjadi souvenir. Untuk sampah organik, membuat solar biodigester dari sisa makanan, dan lainnya.

Camat Teluk Kabung diwakIli Kasi Trantib, Syakkthris, SH., mengatakan,  dengan adanya program ini sangat membantu untuk penyelesaian sampah yang  ada di kecamatan  itu. "Kebetulan di kecamatan juga sudah ada, tapi dengan  dibuatkan oleh Pertamina di skop kelurahan, maka kami sangat terbantu," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan, Lurah Teluk Kabung Tengah, Rosman Effendi  juga mengucapkan sangat banyak terimakasih pada Pertamina yang telah membuat program tersebut. "Dengan adanya program ini,  kelurahan kami bisa mengelola sampah dengan baik dan memiliki nilai ekonomis yang bisa juga membantu perekononian masyarakat kami," ujarnya. Harapannya juga, dengan  adanya program ini sampah di Kelurahan Teluk Kabung bisa terkendali dengan baik dan bisa menjadi percontohan pengelolaan sampah dengan baik. (*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update