Notification

×

Indeks Berita

Warga KIP Surau Gadang Nanggalo Tasyakuran Tak Lagi Langganan Banjir

Minggu, 14 Januari 2024 | Januari 14, 2024 WIB Last Updated 2024-01-14T10:18:49Z
WARGA KIP. Tasyakuran warga Komplek Indah Pratama Surrau Gadsng Nanggalo. (Foto:ist).

padanginfo.com-PADANG
- Warga Komplek Indah Pratama (KIP) Surau Gadang Nanggalo tak lagi jadi langganan banjir setiap hujan turun. Saluran irigasi yang didambakan selama ini untuk mengatasi banjir, telah selesai dibangun.

Sebagai wujud rasa syukur, hari Minggu 14/1/24 warga komplek yang berada dibelakang Poltekes Negeri Padang berkumpul untuk menyampaikan rasa syukur.

 Selama ini permasalahan saluran air irigasi yang sudah berjalan hampir lima tahun membuat warga selalu cemas. Karena tidak adanya saluran air menuju Batang Kuranji. 

"Alhamdulillah, sekarang sudah teratasi," kata Ketua RT 06 kelurahan Surau Gadang Joni Irwandy.


Tasyakuran dan Silaturrahmi warga KIP bersama ninik mamak dan tokoh masyarakat Nagari Nanggalo dengan tajuk Peran Ninik Mamak dalam pembangunan. ditandai dengan pemotongan kambing, di jalur dua KIP.. 


Joni Irwandy mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturrahmi, atas selesainya pembangunan irigasi dan pelebaran drainase menuju aliran Batang Kuranji yang digagas oleh  PSDA-BK Provinsi Sumatera Barat tahun 2023.

Dikatakan, pembangunan irigasi sangat bermanfaat bagi warga KIP, karena semenjak Irigasi Gunung Nago terkoneksi dengan drainase warga KIP sering mengalami banjir ketika intensitas hujan tinggi. 

Alhamdulillah dengan pelebaran drainase dan pemasangan box cluver, dapat dengan  cepat mengurai debit air ketika hujan dengan intensitas tinggi. 

Kami berharap, dengan dilanjutkannya pembangunan tahap dua nanti sampai ke sungai Batang  Kuranji pada akan berdampak positif bagi warga yang dilalui jalur irigasi Gunung Nago. 

Menurut Joni,  pembangunan ini tidak terlepas dari peran besar ninik.mamak dan tokoh masyarakat di Kenagarian Nanggalo. Peran tersebut dapat secara nyata mengurangi masalah-masalah yang muncul ketika proyek pembangunan akan dilaksanakan, sebagaimana petuah ninik mamak "kusuik nan kamanayalasaian, karuah nan ka manjaniahan".
      Dalam kesempatan itu hadir perwakilan Dinas PSDA-BK  Sumbar, Kabid Irigasi Rahmad Yulhendri, Staf ahli Walikota Padang  Habibul Fuadi didampingi   Sekcam Nanggalo dan Lurah Surau Gadang. 

Dalam sambutannya, Habibul Fuadi menyampaikan, kegiatan Tasyakuran yang digagas  ketua RT 06 sangat luar biasa. Kegiatan ini wajud kerjasama dan partisipasi positif antara warga, Ninik Mamak, dan tokoh masyarakat dalam mensukseskan pembangunan di Nagari Nanggalo. Tentu hal ini dapat menjadi contoh dan perbandingan peran warga dan Ninik mamak dalam.mensukseskan pembanginan. 

Sementara itu Ninik Mamak dan tokoh masyarakat Nanggalo yang diwakili Osman Ayub Malin Marajo menyampaikan  sangat mengapresiasi inisiasi warga KIP dan Ketua RT 06 dalam menggelar kegiatan tasyakuran dan silaturrahmi warga KIP, ninik mamak dan tokoh.masyarakat kenagarian Nanggalo dalam meningkatkan sinergitas pembangunan di nagari. hal ini tentu dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di tengah masyarakat, dengan.melibatkan Ninik mamak dan tokoh masyarakat secara aktif.

Osman mengharapkan kepada pemerintah untuk dapat melibatkan seluruh unsur yang ada  di tengah masyarakat dalam  mewujudkan pembangunan yang berkeadilan. 

"Kita tidak bisa hanya menerima dan mendengar dari satu sumber saja, jika terjadi kendala pembangunan di tengah masyarakat. Namun kita perlu duduk bersama dalam mengurai permasalahan tersebut. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan diuntungkan sepihak. Semoga dengan selesainya pembangunan saluran irigasi tahap awal ini, dapat.membantu mengurangi debit air yang dilalui aliran Irigasi Gunung Nago" pungkas Ketua Partai Nasdem Padsl itu. (rel/in)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update