Notification

×

Indeks Berita


CJH Bukittinggi 2024 Dapat Pembinaan Kebugaran

Jumat, 23 Februari 2024 | Februari 23, 2024 WIB Last Updated 2024-03-19T13:09:21Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Untuk menjaga dan meningkatkan kesiapan pisik Calon Jemaah Haji ( CJH) Bukittinggi 2024, Pemko Bukittinggi melalui Dinas Kesehatan,berikan pembinaan kebugaran pisik.


Pembinaan kebugaran itu berkolaborasi dengan pihak kantor kementerian Agama Bukittinggi ,digelar di lapangan Atas Ngarai, Jumat, (23/02).


Walikota Bukittinggi, diwakili Staf Ahli Wali Kota, Johnny, yang membuka kegiatan itu mengatakan, pembinaan kesehatan ini, merupakan upaya pembinaan yang dilakukan kepada perorangan atau kelompok calon jamaah haji, secara paripurna pada semua tahap penyelenggaraan ibadah haji, agar kesiapan Calon Jemaah Haji (CJH ) Bukittinggi dalam menunaikan ibadah haji 2024 mendatang betul betul siap mental dan pisik menuju Mekah.


Lebih lanjut Staf Ahli Wali Kota, Johnny, menjelaskan bahwa, Pembinaan kesehatan jamaah haji di tanah air berawal dari tingkat puskesmas, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan pertama baik bagi jamaah haji yang sehat maupun jamaah haji yang beresiko tinggi, dilakukan pemeriksaan rujukan. 


"Semoga jamaah kita diberikan kesehatan dan kekuatan oleh Allah dalam menjalankan ibadah haji nantinya," tutur Jhony.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi, Linda Faroza, didampingi Kabid Kesmas, Riyani dan pemegang program kesehatan olah raga, Zulferi, mengatakan, salah satu pembinaan kesehatan yang dilakukan oleh Pemko Bukittinggi, dengan pembinaan kebugaran jasmani. Ini merupakan salah satu bagian dari sistem pembinaan kesehatan jamaah haji di puskesmas.


Pengukuran kebugaran Calon Jamaah Haji ini ditujukan untuk menentukan program latihan yang sesuai porsi atau kondisi fisik masing-masing CJH.


Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran para Calon Jamaah Haji Kota Bukittinggi, diawali dengan melakukan kegiatan pengukuran kebugaran yang diikuti oleh seluruh Calon Jamaah Haji Kota Bukittinggi Tahun 2024 yang jumlahnya lebih sebanyak 334 orang jemaah.


Setiap Calon Jemaah Haji (CJH) yang mengikuti Pengukuran Kebugaran itu, akan mengetahui kondisi tubuhnya, apakah tingkat kebugarannya dalam kategori baik, cukup, atau kurang.


Berdasarkan hasil kondisi tersebut, tim dokter akan memberikan rekomendasi latihan fisik yang sesuai untuk masing- masing Calon Jamaah Haji, tambahnya.


Ikut memberi pengarahan Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi, Eri Iswandi, yang menyampaikan, kegiatan ini penting dilakukan karena ibadah haji merupakan salah satu ibadah fisik yang memerlukan waktu cukup lama dan di laksanakan di luar negeri yang memiliki kondisi lingkungan yang berbeda dengan negara Indonesia, sehingga memerlukan kondisi tubuh yang bugar.


Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang bugar, Calon Jemaah Haji (CJH) harus mempersiapkannya jauh-jauh hari dengan cara berlatih fisik atau berolahraga.(*/mn)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update