Notification

×

Indeks Berita

Jelang Ramadan Harga Beras Naik Tipis di Bukittinggi

Kamis, 22 Februari 2024 | Februari 22, 2024 WIB Last Updated 2024-03-25T08:32:31Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI – Harga beras lokal di pasaran Kota Bukittinggi dalam satu minggu terakhir terpantau mengalami kenaikan untuk semua jenis.


“Harga beras lokal kini mencapai Rp16.500 per kilogram, naik dari sebelumnya Rp15.000. Rata-rata kenaikan antara Rp1.500 hingga Rp2.000,” kata Marwan, seorang pedagang beras di Pasar Bawah Bukittinggi.


Ia mengatakan penurunan pasokan beras lokal dan luar provinsi juga turut menyumbang pada kelangkaan beras di pasaran.


“Harga ini diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa pekan ke depan. Selain kenaikan harga, pasokannya juga semakin menurun,” katanya.


Sementara untuk beras dari Bulog, harganya masih tetap stabil di sekitar Rp15.000 per kilogram.


Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat mengungkap terjadinya kenaikan harga beras di pasaran disebabkan oleh turunnya hasil produksi petani karena gagal panen.


“Penyebab naiknya harga beras saat ini dikarenakan turunnya produksi atau gagal panen. Salah satu upaya mengatasi kenaikan harga beras adalah dengan melakukan operasi pasar dan mengadakan bazar,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Bukittinggi, Hendry, Kamis (22/02/2024)


Ia mengatakan pemerintah daerah bersama Bulog segera menggiatkan Gerakan Pangan Murah untuk menyalurkan bantuan cadangan pangan pemerintah kepada masyarakat.


“Kekurangan pasokan beras juga disebabkan penurunan pasokan dari Jambi dan Palembang. Harga gabah di tingkat petani juga naik akibat gagal panen,” jelasnya.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update