Notification

×

Indeks Berita

KIPP Bukittinggi Aktif Lakukan Pemantauan

Rabu, 14 Februari 2024 | Februari 14, 2024 WIB Last Updated 2024-03-19T12:23:28Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kota Bukittinggi bergerak aktif pantau pelaksanaan pemilu 2024. Seluruh lini bergerak, untuk mencatat berbagai persoalan yang timbul saat tahapan alek demokrasi itu.


Ketua KIPP Bukittinggi, Eko Albert, menjelaskan, KIPP hadir untuk memantau setiap tahapan pelaksanaan pemilu. KIPP memantau mulai dari kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara dan rekapitulasi suara.


“Untuk strategi pemantauan dilakukan secara langsung dengan turun ke lapangan,” ungkapnya, di sekretariat KIPP Bukittinggi, Ladang Cakiah, Rabu (14/02).


Eko menegaskan, pemantauan dilakukan oleh relawan KIPP tanpa ada eksekusi apapun. Tugas utama untuk memantau dan hasilnya akan menjadi evaluasi.


“Meski begitu tidak ada eksekusi. Kita tidak ingin mengganggu pelaksanaan tahapan, terutama saat pencoblosan. Tapi hasil pemantauan akan jadi evaluasi bagi penyelenggara pemilu. Bahkan, jadi rekomendasi untuk tahapan pemilu selanjutnya,” tegasnya.


Disebutkannya, peran pemantau dibutuhkan sebagai pelengkap untuk memperkuat posisi penyelenggara dan pengawas pemilihan umum. KIPP merupakan lembaga pemantau pertama yang sudah berdiri sejak tahun 1996. (*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update