Notification

×

Indeks Berita

Praktek Alsintan di Kelurahan Bukit Apit Puhun

Selasa, 20 Februari 2024 | Februari 20, 2024 WIB Last Updated 2024-03-31T00:32:37Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Dinas Pertanian dan pangan kota Bukittinggi menggelar kegiatan Praktek Penggunaan Alsintan Cultivator di Kebun KWT Flamboyan 38 Kelurahan Bukit Apit Puhun. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pemanfaatan alat dan mesin pertanian jenis cultivator tersebut.


"Untuk percepatan pengolahan lahan guna meningkatkan mutu pengelolaan tanah, meningkatkan intensitas pertanaman (IP), serta untuk efisiensi biaya produksi, penyelamatan kehilangan hasil, peningkatan mutu hasil, dan peningkatan pendapatan petani," ujar Kadis Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Hendry, diwakili Kabid Penyuluhan dan Kelembagaan, Ratna, Selasa, (20/02/2024).


Pelatihan diikuti oleh seluruh kelompok tani yang telah menerima bantuan cultivator dan PPL. Dalam pelatihan ini, materi teknis mengenai cultivator disampaikan oleh narasumber Dedi Rahman teknisi UPTD BMSPP (Balai Mekanisasi Sarana dan Prasarana Pertanian) Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat.


Pemateri menjelaskan berbagai hal mengenai cultivator antara lain pengenalan alat, fungsi setiap bagian, cara mengoperasikan dan perawatan cultivator. Penjelasan materi diselingi dengan menjawab pertanyaan dari peserta dan diskusi terkait hal yang sedang dibahas.


Usai penyampaian materi, pelatihan dilanjutkan dengan pengoperasian cultivator langsung di lahan pertanian. Beberapa peserta pelatihan mencoba langsung mengoperasikan cultivator untuk mengolah lahan pertanian.


Dalam praktek ini dijelaskan berbagai teknik pengoperasian sehingga petani dapat mengolah lahan dengan lebih mudah dan efektif. Praktek berjalan lancar dan peserta dapat mengoperasikan cultivator dengan baik.(*/mn)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update