Notification

×

Indeks Berita

Tim Hukum Amin di 19 Kabupaten/Kota Sumatera Barat Dikukuhkan

Rabu, 07 Februari 2024 | Februari 07, 2024 WIB Last Updated 2024-02-07T14:10:55Z
Tim Hukum Amin untuk Sumatera Barat dikukuhkan


padanginfo.com-PADANG, --  Tim Hukum Nasional (THN) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) dikukuhkan berlangsung penuh semangat. Ada 19 anggota tim tingkat Sumbar serta 95 orang di 19 kabupaten dan kota.

"Waspadai dan kawal perjalanan pesta demokrasi 2024 agar berlangsung jujur dan adil. Laporkan berbagai dugaan kecurangan dan pelanggaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang ditemukan di lapangan. Kita ingin pemilihan pemimpin negara ini berlangsung dengan baik dan benar," tegas Thoriq Thalib, Sekretaris Jenderal (Sekjen) THN AMIN, saat mengukuhkan dan mendeklarasikan THN AMIN Wilayah Sumbar, di Kupi Batigo Padang, Rabu (7/2/2024).

Thoriq Thalib mengatakan, THN harus memastikan pemilu terselenggara dengan jujur dan adil serta tanpa kecurangan. THN yang merupakan bagian dari tim calon presiden dan wakil presiden dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, maka tugas anggota THN tidak saja memantau kondisi di lapangan, tapi juga berupaya meningkatkan Elektoral suara AMIN pada pemungutan suara, 14 Februari 2024 nanti.

"THN Amin dibentuk 1 tahun lalu. Saat ini sudah bergabung 1.400 advokat di Indonesia, semua semangat menjadikan ANies presiden dan Muhaimin wakil presiden. THN sudah dikukuhkan di 34 provinsi termasuk kabupaten dan kota, walaupun Sumbar terakhir atau di ujung masa pencoblosan, namun diharapkan semangat kawan kawan untuk menjaga berbagai potensi kecurangan yang merugikan pasangan AMIN," ujarnya Thoriq yang saat membacakan deklarasi didampingi oleh Wakil Ketua THN, Miko Kamal, SH, MH dan Koordinator THN Sumbar, Fitriadi Ibrahim, SH, MH.


Sumbar sebagai lumbung suara AMIN, lanjut Thoriq Thalib, harus dikawal sedemikian rupa agar 40 persen target perolehan suara AMIN dapat terealisasi sehingga bisa masuk putaran kedua Pilpres.

"Kita yakin itu. AMIN akan masuk putaran kedua Pilpres. Karena itu mari kita jaga dari potensi dicurangi. Jangan takut melaporkan jika menemukan potensi kecurangan itu. Kita sudah siapkan hotline, untuk tempat relawan bisa melaporkan. Semua laporan yang masuk, pasti akan kita tindak lanjuti," ungkap Thoriq dalam acara yang juga dihadiri Jubir TPS AMIN Sumbar, Muhammad Zuhrizul dan simpul-simpul relawan pendukung Anies serta perwakilan partai pengusung, NasDem, PKS, PKB dan Partai Ummat.

Kemenangan AMIN sudah di depan mata, ujar Thoriq. Saksikan saja saat kampanye di berbagai wilayah, kampanyenya Amin luar biasa. Karena itu, Ketua THN Ari Yusuf Amir berpesan agar THN di provinsi berjalan baik, selalu dikawal kecurangan. THN AMIN sudah mempunyai mekanisme pengawasan di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) hingga proses perhitungan suara.

"THN Amin harus mengawasi kecurangan pemilu, jangan lengah, jangan diam, laporkan kecurangan yang bisa dibuktikan. Jangan takut. Lalu daftarkan ke THN kabupaten/kota, dan Provinsi," ujarnya.

Thoriq Thalib juga mengatakan, THN pusat mempunyai aplikasi dan kontak center. Aplikasi menyebar ke THN daerah, dan di dalam aplikasi ada 2 konten, yaitu pelaporan saksi dan pelaporan kecurangan pemilu.
"Kita akan menindaklanjuti laporan tersebut, kita siapkan tim untuk turun ke lapangan. Menjelang 14 Februari di posko-posko disiapkan, ketika ada laporan kita verifikasi buktinya dan hal lainnya, maka tim di posko harus bergerak," katanya.

Karena itu, Thoriq Thalib berharap THN Sumbar sudah mempersiapkan posko untuk menerima laporan-laporan dan harus segera turun ke lapangan. "Pesan Anies selain tugas dan kerja di bidang hukum, yaitu meningkatkan elektabilitas suara Amin dan elektoral Amin. Kita ingatkan untuk menyapa tetangga dan keluarga untuk membuat mereka tertarik kepada Amin," ucapnya.

Sementara itu, Ketua THN Sumbar Fitriadi Ibrahim menyampaikan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengamankan kemenangan pasangan Anies-Muhaimin di Sumbar.
"Kami THN Amin Sumbar dan relawan Amin sangat aktif, dan kami siap mengawal berbagai kecurangan dan pelanggaran Pilpres 2024, khususnya di Sumbar," ucap pungkas Fitriadi.(*/ak)


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update