Notification

×

Indeks Berita

Gunung Marapi Meletus 20 Kali Sejak Sabtu Malam Hingga Minggu Pagi

Minggu, 03 Maret 2024 | Maret 03, 2024 WIB Last Updated 2024-03-03T06:15:18Z
Gunung Marapi terlihat mengeluarkan kabut asap. (Foto: Indra Sakti Nauli).

padanginfo.com-AGAM- Gunung  Marapi (2.891 dpl) Sumatera Barat masih menunjukkan intensitas tinggi mengeluarkan erupsi. Sejak erupsi 3 Desember 2023 yang menewaskan24 orang pendaki, pada Sabtu hingga Minggu pagi, Gunung Marapi Meletus lebih kurang 20 kali.

Petugas pengamat Gunung Marapi, Ahmad Rifandi melalui rilisnya mengatakan, sedikitnya terjadi 20 kali letusan sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi.

"Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat, teramati berwarna putih hingga kelabu. Intensitasnya sedang hingga tebal," jelasnya.

Selain letusan, pada rentang waktu tersebut juga tercatat banyak kegempaan, di antaranya hembusan 46 kali, low frequency 4, hybrid/fase banyak 8, vulkanik dangkal 4, vulkanik dalam 4, tektonik lokal 1, dan tektonik jauh sebanyak tiga kali.

Petugas juga mencatat adanya tremor menerus (microtremor), amplitudo 0,5-2 mm dengan dominan 1 mm.

Sedangkan dari tengah malam hingga pagi, Ahad (3/3)m petugas tidak menampak secara visual asap kawah, namun tercatat secara instrumental.

Pada Kamis lalu erupsi kabut asap Gunung Marapi pergerakannya ke arah Barat daya, hingga menyebabkan ditutupnya operasional Bandara Minangkabau 24 jam.

Sejak erupsi di akhir tahun 2023 status Gunung Marapi telah ditingkatkan dari Waspada ke level Siaga III. Masyarakat sekitar dilarang  berada di kawasan gunung pada radius 3 km dari puncak. (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update