Notification

×

Indeks Berita

Pengusaha Sumbar HM.Rani Ismael Meninggal Dunia

Jumat, 29 Maret 2024 | Maret 29, 2024 WIB Last Updated 2024-03-30T06:14:16Z
HM.Rani Ismael. (Foto: Wikipedia)

padanginfo.com-PADANG- Inna lillahi wa Inna illaihi rajiun. Sumatera Barat kehilangan seorang tokoh. HM.Rani Ismael, pengusaha otomotif Sumbar dibawah bendera Suka Fajar Grup meninggal dunia di RSUP M.Jamil Padang, Jumat 29 Maret 2024 jam 05.55 WIB dalam usia menjelang 84 tahun.

Kabar meninggalnya Rani Ismael disampaikan keluarga dan secepatnya beredar di grup medsos.

Informasi yang dihimpun, almarhum sejak beberapa tahun belakangan mengalami sakit tua. Meski masih bisa berjalan, namun suka lupa dengan orang yang dikenalnya. Bahkan beberapa kali karena drop, Rani Ismael dirujuk ke rumah sakit.

Di Sumbar sendiri, Rani Ismael dikenal sebagai icon di perusahaan otomotif Suka Fajar Grup. Meski tidak pernah menempuh pendidikan tingkat tinggi, hanya setingkat SD, namun ia sukses mengelola perusahaan. Bahkan perusahaan lain yang dikelola berada di bawah bendera Morris Grup, yang bergerak di bidang penjualan suku cadang kenderaan bermotor dan alat pertanian.

Rani Ismael pernah bercerita, masa mudanya  dilalui dengan pelik. Di kampung halamannya Pariaman ia mempunyai pedati, alat transportasi yang ditarik dengan kerbau. Dengan pedati itu Rani Ismael menerima upahan untuk membawa barang.

"Kuliah saya di demi aka, bukan akademi," tuturnya suatu kali.

Mengutip Wikipedia, H.M. Rani Ismael, yang bernama lengkap Sutan Mohammad Rani Ismael (lahir 20 April 1940) adalah seorang pengusaha Indonesia dari Padang Sumatera Barat. Ia mengelola beberapa perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, di antaranya tujuh kantor cabang dan perwakilan di Sumatera Barat,  Riau, Jambi, Sumut, Jakarta.

Rani Ismael juga menjabat sebagai Direktur PT Suka Fajar dan PT Sutan Kasim yang berkantor pusat di Kota Padang.

Menurut rencana, suami dari Syamsidar, ayah 9 anak dan belasan cucu ini akan dimakamkan di kampung halamannya Cimparuah Pariaman. Sebelumnya akan dishalatkan di Masjid Sahara Padang Pasir. (in).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update