Notification

×

Indeks Berita

Menhan Prabowo Singgah Sekejab di BIM, Antar Bantuan Untuk Korban Bencana

Jumat, 17 Mei 2024 | Mei 17, 2024 WIB Last Updated 2024-05-17T06:41:39Z
padanginfo.com-BIM- Presiden terpilih yang kini masih menjabat Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, singgah Sekejab di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis pagi ,16 Mei 2024 guna mengantar bantuan dari Kemenhan.

Pesawat khusus yang membawa Prabowo mendarat di BIM pukul 10.03 WIB. Setelah menyerahkan bantuan secara simbolis,  sekitar pukul 10.23 Prabowo kembali ke Jakarta.

Sejatinya, pesawat yang membawa Prabowo terbang dari Qatar menuju Jakarta. Namun mendengar ada bencana di Sumbar, Presiden terpilih itu menyempatkan singgah untuk mengantarkan bantuan. 

 Sesampainya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Menhan Prabowo langsung disambut oleh Gubernur Sumbar H. Mayeldi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono, serta dua Bupati yang daerahnya terdampak, Bupati Agam Andri Warman dan Bupati Tanah Datar Eka Putra.

Terlihat Menhan Prabowo mengenakan topi biru langsung melakukan pengecekan bantuan logistik di dalam puluhan truk. Pengecekan tersebut dilakukan untuk memastikan bantuan dapat tersalurkan dan terpenuhi dengan baik bagi para korban terdampak. Bencana ini telah mengakibatkan puluhan korban jiwa dan rusaknya ratusan rumah warga.

Bantuan bencana alam dari Kementerian Pertahanan ini nantinya akan didistribusikan secara langsung kepada seluruh para korban di wilayah Sumatera Barat, seperti Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, dan lainnya.


 Bantuan tersebut berupa: 20 tonqa beras, 1.000 paket obat-obatan, 600 pasang sepatu boot, 3.000 buah selimut, 3.000 paket alat mandi, dan 10.000 dus mie instan.

Dalam sambutannya, Menhan Prabowo menyampaikan belasungkawa kepada para korban bencana. “Saya turut berduka cita dan marilah kita berdoa kepada yang maha kuasa bahwa keluarga yang ditinggal diberi kekuatan,” ucap Menhan.

Menhan Prabowo juga menekankan untuk bersama-sama bekerja keras memulihkan keadaan yang saat ini terjadi di Sumatera Barat.

“Kami akan pantau terus apa yang bisa kita bantu. Dan saya ucapkan terima kasih kepada semua unsur TNI dan Polri yang telah membantu. Saya berharap segera kita bisa mengambil tindakan dan meringankan kesulitan rakyat,” ujar Menhan RI.

“Kita mengerti bahwa negara kita memang rawan dengan bencana. Untuk itu, kita harus lebih siap dan lebih mengatur langkah-langkah dengan cara mengerahkan sumber daya untuk meringakan kesulitan rakyat,” sambung Menhan Prabowo.

 Prabowo Subianto juga dengan tegas meminta kepada seluruh Forpimda, TNI-Polri dan semua pihak yang terlibat dalam penanganan bencana alam di Sumatera Barat untuk memastikan bahwa warga yang mengungsi tertangani dengan baik, dan terpenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan konsumsi, ketersediaan air bersih, fasilitas kesehatan, seperti obat-obatan dan tenaga kesehatan. Selain itu, keamanan relokasi pengungsian khususnya untuk anak-anak dan orang tua yang lanjut usia. Upaya ini merupakan bukti kecintaan dan kepedulian Menhan pada masyarakat Sumatera Barat.

Turut hadir di BIM menyambut Prabowo Gubernur Sumbar Mahyeldi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade, Pandam Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Mochammad Hasan, Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja (Wbr) Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono serta dua Bupati yang daerahnya terdampak, Bupati Agam Andri Warman dan Bupati Tanah Datar Eka Putra. (Biro Humas Setjen Kemhan/in)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update