Notification

×

Indeks Berita


Pemko Bukittinggi Sosialisasi Pemotongan Hewan Qurban yang ASUH

Sabtu, 01 Juni 2024 | Juni 01, 2024 WIB Last Updated 2024-06-06T03:40:25Z


padanginfo.com - BUKITTINGGI - Guna meningkatkan pemahaman pelaksanaan pemotongan hewan qurban, pemerintah Kota Bukittinggi menggelar sosialisasi Penatalaksanaan Pemotongan Hewan Qurban Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).


Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP)Kota Bukittinggi Hendry mengatakan, Hari Raya Idul Adha Tahun 2024 semakin dekat, untuk itu tata pelaksanaan hewan qurban perlu disosialisasikan kepada seluruh masjid dan mushalla yang ada.


"Untuk itu panitia dan petugas qurban lebih memaksimalkan pemahamannya Penatalaksanaan Pemotongan Hewan Kurban ASUH," ujar Hendry, Sabtu(01/06/2024).


DPP Bukittinggi lanjut Hendry, bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat melaksanakan sosialisasi peningkatan pemahaman petugas dan masyarakat terkait pelaksanaan hewan qurban.


"Program ini diikuti perwakilan panitia qurban di 40 mesjid di Kota Bukittinggi, perwakilan RPH-R, perwakilan Puskeswan Bukittinggi," kata Hendry.


Hendry memperkiarakan lebih dari 1.000 ekor hewan qurban di mesjid dan mushalla di Kota Bukittinggi akan dipotong nantinya.


"Semua hewan itu diperiksa antemortem dan postmortem oleh Tim Dinas Pertanian dan Pangan, selanjutnya akan dikeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang menyatakan hewan layak untuk dikurbankan," katanya.


DPP, jelas Henry, juga nantinya menyiapkan tim rescue penanggulangan masalah pelaksanaan qurban.


Ketua MUI Bukittinggi Aidil Alfin selaku narasumber menjelaskan tentang penyembelihan hewan kurban menurut syariah sesuai dengan Al Quran dan Hadist.


"Keterbukaan panitia kurban sebagai sohibul qurban atau wali dengan peserta kurban wajib diperhatikan," kata Aidil.


"Jika kelebihan uang dari pembelian hewan kurban harus disampaikan ke peserta dan harus disepakati kegunaan uang tersebut," sebutnya.(*/mn)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update