--> Menpan RB: Banyak Penyakit Birokrasi di Indonesia | Padang Info |

Menpan RB: Banyak Penyakit Birokrasi di Indonesia

Padang Info.com - SIJUNJUNG – Banyak penyakit birokrasi di Indonesia. Semua itu harus segera diobati untuk mewujudkan tata kelola pemerint...

Padang Info.com - SIJUNJUNG – Banyak penyakit birokrasi di Indonesia. Semua itu harus segera diobati untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien serta mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

Untuk mengobati penyakit tersebut, dilakukan melalui implementasi reformasi birokrasi. “Ada enam jurus yang harus dilaksanakan setiap instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur saat memberikan arahan pada Rakor Reformasi Birokrasi Pemda di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Kamis (29/03).

Penyakit birokrasi dimaksud, antara lain masih banyaknya pemerintah daerah yang memiliki persentase belanja operasional untuk kebutuhan internal pemerintah yang lebih besar dari belanja publik. “Kondisi seperti ini sangat membatasi bagi pemerintah daerah untuk dapat memberikan pelayanan yang baik kepada publik. “Akibatnya, pemerintah daerah hanya sibuk dengan urusan internal sehingga urusan pelayanan kepada publik terabaikan,” ujarnya.

Penyakit kedua, tingkat korupsi yang cukup tinggi. Hal ini terlihat dari adanya sejumlah kepala daerah yang ditangkap KPK melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) akhir-akhir ini. Mereka diduga tersangkut penyuapan dalam kaitan dengan menjual promosi jabatan, penerimaan fee proyek tertentu, pengesahan RAPBD, dan gratifikasi untuk memperoleh perizinan.

Ketiga, Inefektivitas dan inefisiensi dalam pengelolaan pembangunan. Dikatakan, banyak perencanaan pembangunan dilakukan secara serampangan, copy dan paste dari tahun-tahun sebelumnya, tidak fokus pada outcome yang ingin dicapai, kegiatan yang sengaja diajukan hanya untuk memperoleh tambahan penghasilan atau memberikan keuntungan pribadi, diajukan dengan biaya yang jauh lebih besar dari harga pasar, dan lainnya. “Akibatnya, banyak anggaran pembangunan yang digunakan tetapi tidak tepat sasaran dan boros,” tegas Asman.

Penyakit keempat, jelasnya, kualitas ASN masih belum optimal dalam mendukung kinerja pemerintah. Disebutkan, secara kuantitas, jumlah PNS sekitar 4.5 juta orang. Dari segi kuantitas, sebenarnya jumlah ini sudah cukup untuk melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan. Tetapi, dilihat dari sisi kualitasnya yang mayoritas adalah PNS golongan II ke bawah, dengan latar belakang pendidikan SMA ke bawah, maka tidak mudah untuk diandalkan menjadi birokrasi yang berkualitas.

Persoalan kelima, organisasi pemerintah yang cenderung besar, baik di pusat maupun di daerah, yang cenderung memanfaatkan kemungkinan untuk memperbesar struktur tanpa melihat kebutuhan nyata, ketersediaan sumber daya yang dimiliki, kondisi terkini yang dihadapi, dan cakupan wilayah pelayanan.

“Jarang sekali terjadi upaya perubahan struktur organisasi untuk menyederhanakan struktur sesuai dengan kebutuhan nyata. Selain itu, terdapat kecenderungan terjadinya pembentukan lembaga non struktural yang tugasnya berhimpitan atau beririsan dengan instansi fungsional,” ungkap Menteri pula.

Penyakit keenam, kualitas pelayanan publik yang masih belum memenuhi harapan publik. Dijelaskan, pelayanan publik bisa dalam bentuk perizinan, pelayanan dasar, ataupun pelayanan jasa, menjadi tanda kehadiran pemerintah di masyarakat. Pelayanan publik yang buruk akan memberikan kesan bahwa pemerintah tidak memperhatikan kebutuhan masyarakat. Meskipun belakangan ini sudah banyak terjadi perbaikan dan inovasi, namun semakin maju tingkat kehidupan masyarakat maka semakin kritis dan semakin tinggi selera kebutuhan pelayanan publik yang berkualitas.

"Hal lain yang merupakan penyakit birokrasi adalah perilaku ASN yang belum profesional," sebutya. Padahal, SDM ASN merupakan unsur yang terpenting dalam birokrasi. Bukan hanya dalam pengertian fisik pegawai, tetapi menyangkut seluruh aspek yang melekat pada pegawai yang bersangkutan, mulai dari perilaku, kompetensi, pengetahuan, kreativitas atau soft skill lainnya.

“Masih banyak ASN yang berpikir bukan sebagai pelayan masyarakat, tetapi lebih mengedepankan kekuasaan,” ujarnya.(*)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,48,Artikel,7,bank,1,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,104,bisnis,141,budaya,36,bukittinggi,68,daerah,226,dharmasraya,86,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1500,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,137,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,18,K,1,kabupaten solok,13,keamanan,1,kesehatan,206,ko,1,kota,244,kuliner,4,limapulu kota,5,lingkungan,38,mentawai,20,nasional,70,olahraga,35,opini,16,organisasi,3,ormas,3,padang,241,padang pariaman,42,padang. kota,1,padangpanjang,19,pariaman,56,pasaman,12,pasaman barat,8,payakumbuh,26,peduli,39,pendidikan,190,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,75,Pilkada,15,politik,105,prestasi,2,sawahlunto,217,sijunjung,35,solok,12,solok selatan,9,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,59,traveling,6,ukm,4,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Menpan RB: Banyak Penyakit Birokrasi di Indonesia
Menpan RB: Banyak Penyakit Birokrasi di Indonesia
https://4.bp.blogspot.com/-s9jGydM--hA/Wr2R4y6yBgI/AAAAAAAAAP0/-Kw47MlnBwMM075orje3OriB-iSi6XloACLcBGAs/s320/menpan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-s9jGydM--hA/Wr2R4y6yBgI/AAAAAAAAAP0/-Kw47MlnBwMM075orje3OriB-iSi6XloACLcBGAs/s72-c/menpan.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2018/03/menpan-rb-banyak-penyakit-birokrasi-di.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2018/03/menpan-rb-banyak-penyakit-birokrasi-di.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy