--> Perkemahan Jadikan Perbedaan sebagai Kekuatan | Padang Info |

Perkemahan Jadikan Perbedaan sebagai Kekuatan

Musi Rawas Utara – Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault meresmikan keberadaan Bumi Perkemahan Sungai Aur, Musi Rawas Utara. Dia j...

Musi Rawas Utara – Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault meresmikan keberadaan Bumi Perkemahan Sungai Aur, Musi Rawas Utara. Dia juga membuka kegiatan Kemah Bersama untuk Pramuka Penggalang, Latihan Dasar Kepemimpinan untuk Pramuka Penegak, dan Karang Pamitran untuk Pembina Pramuka se-Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Bumi Perkemahan mempertemukan anak-anak Indonesia. Bumi Perkemahan menjadikan perbedaan sebagai kekuatan,” ujar Adhyaksa Dault dalam sambutannya di lapangan Bumi Perkemahan Sungai Aur, Jumat (16/3/2018).

Hal tersebut tidaklah berlebihan. Apalagi, kata pria yang murah senyum itu, di Bumi Perkemahan semua peserta bertemu dengan teman dari berbagai agama, budaya, suku, dan bahasa di Indonesia.

"Jadi, kemanusiaan, persatuan, bhinneka tunggal ika, dan nilai-nilai keadilan langsung ditemukan sendiri oleh para anggota Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan," katanya.

“Kekuatan dan kelebihan dari kegiatan luar ruangan adalah apa yang mereka lihat, dan rasakan, lakukan selama di alam bebas menjadi ilmu bagi mereka. Selain itu, interaksi dan partisipasi mereka juga meningkat. Lebih dari itu, mereka punya solidaritas dan kepekaan sosial,” kata Menpora periode 2004-2009 ini.

"Pendidikan dalam ruangan dan luar ruangan saling menguatkan. Berbagai teori harus diwujudkan dalam bentuk bakti sosial, pengabdian masyarakat, kerelawanan harus terus kita hidupkan, di situlah salah satunya peran Gerakan Pramuka," imbuhnya.

Adhyaksa juga mengimbau untuk bangkitkan daya tahan anak-anak di alam. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membiarkan masak sendiri dan menikmati masakan buatan mereka. Jangan pula dimanjakan dengan makanan jadi atau tenda yang sudah disiapkan.

"Membangun tenda, memasak bersama, menjelajah alam, dan lain-lain adalah kegiatan yang bertujuan mengikis ego pribadi dan menyadarkan akan pentingnya gotong-royong," tukas Adhyaksa.

Sementara itu, Bupati Musi Ruwas Utara, M. Syarif Hidayat mengapresiasi dan berterima kasih atas kesediaan Adhyaksa Dault meresmikan Bumi Perkemahan tersebut. “Kehadiran kakak telah kami nantikan selama ini,” ucap dia.

Menurut Hidayat, Gerakan Pramuka selama ini di Kabupaten Musi Rawas Utara berperan penting dalam pembinaan generasi muda. Banyak penghargaan telah diraih oleh mereka. Para anggota Gerakan Pramuka calon pemimpin bangsa Indonesia di masa depan.

"Kami akan terus mendukung, dengan memberikan dukungan dana untuk Gerakan Pramuka. Semoga Bumi Perkemahan ini akan meningkatkan prestasi generasi muda yang dibina melalui pendidikan kepramukaan,” kata dia.

Sekretaris Kwarda, Amriyadi menambahkan, tidak semua Kwarcab di Provinsi Sumatera Selatan memiliki Bumi Perkemahan. Baru ada lima Kwarcab yang mempunyai Bumi Perkemahan, yakni Ogan Ilir, Palembang, Lubuklinggau, Banyuasin, dan Musi Rawas Utara. Sisanya, kata dia, sedang dalam proses.

Wakil Ketua Kwarcab Musi Rawas Utara, Muhammad Zakaria mengatakan, lahan Bumi Perkemahan Sungai Aur mempunyai luas lahan 4,5 hektar. Bumi Perkemahan dikelilingi oleh sungai aur dan anak sungai aur yang tidak pernah kering walau saat kemarau.

“Mengapresiasi H. Habiyanto dan H. Dadang karena telah menghibahkan tanahnya untuk dibangun Bumi Perkemahan. Gerakan Pramuka mendapatkan dukungan dari Bapak Bupati untuk membangun Bumi Perkemahan Sungai Aur,” pungkasnya.(*)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,51,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,112,bisnis,153,budaya,40,bukittinggi,72,daerah,241,dharmasraya,106,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1693,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,147,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,20,K,1,kabupaten solok,21,keamanan,1,kesehatan,216,ko,1,kota,252,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,1,lingkungan,38,mentawai,22,nasional,77,olahraga,37,opini,21,organisasi,4,ormas,4,padang,312,padang pariaman,47,padang. kota,1,padangpanjang,21,pariaman,60,pasaman,14,pasaman barat,11,payakumbuh,26,peduli,39,pendidikan,197,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,79,Pilkada,106,politik,114,prestasi,2,sawahlunto,228,sijunjung,38,solok,18,solok selatan,10,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Perkemahan Jadikan Perbedaan sebagai Kekuatan
Perkemahan Jadikan Perbedaan sebagai Kekuatan
https://2.bp.blogspot.com/-EQq_tA9epNY/Wq4Dk53PHuI/AAAAAAAAAEs/oU-d9ScPBSk0KHogBkakmUK4k-bu5kQ-gCLcBGAs/s320/pramuka.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-EQq_tA9epNY/Wq4Dk53PHuI/AAAAAAAAAEs/oU-d9ScPBSk0KHogBkakmUK4k-bu5kQ-gCLcBGAs/s72-c/pramuka.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2018/03/perkemahan-jadikan-perbedaan-sebagai.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2018/03/perkemahan-jadikan-perbedaan-sebagai.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy