Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Bangunan Pasar Ateh yang Terbakar Mulai Dibongkar

Senin, 09 April 2018 | April 09, 2018 WIB Last Updated 2018-04-09T11:43:10Z
Padang Info.com - BUKITTINGGI - Sempat terbengkali beberapa lama pasca terbakar, Pasar Ateh Bukittinggi akan dimulai pembangunannya. Senin (9/4/2018) dilakukan pembongkaran terhadap sisa bangunan yang terbakar.

Sisa bangunan yang ada, meski sebagian terlihat masih kokoh, namun menurut kajin tim ahli, sudah tidak layak dipertahankan. Terutama dari kelayakan dan keamanannya. Untuk itu, bangunan tersebut harus dibongkar sepenuhnya.

“Dilakukan bertahap. Mulai dari arah Timur, karena tidak banyak mengganggu. Pedagang yang ada di lokasi ini sementara kita pindahkan ke belakang pasar," ujuar Waliko Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang ikut menyaksikan pelaksaan pembongkaran.

Proses pembongkaran secara keseluruhan dalam kontrak maksimal dua bulan. Namun Wako mengharapkan bisa diselesaikan lebih cepat. "Setelah pembongkaran baru dibangun kembali Pasar Atas dengan desain yang representatif dan nyaman, baik untuk pengunjung dan pedagang sendiri," jelasnya.

Proses pembangunan kembali Pasar Ateh nantinya akan dibiayai oleh pemerintah pusat. Dana yang terpakai nantinya diprediksi mencapai angka Rp 400 miliar. Pembangunan pun akan dilaksanakan secara maksimal dan direncanakan selesai Desember 2019.

Berkaitan dengan pasar penampungan, menurut Ramlan, pemenang tender pembangunan penampungan sudah ada. Hari ini juga dilakukan koordinasi dengan dinas pasar untuk proses lanjutan pembangunannya.

“Sekitar 23 petak lagi akan dibangun penampungan. Setelah itu selesai, proses loting akan dimulai dan akan dilakukan secara terbuka, disaksikan Forkopimda, sesuai dengan kesepakatan pedagang dan Pemko beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Dari 763 yang akan dibangun, sudah selesai 563 kios. Jumlah ini yang akan diloting dalam 15 hari kedepan. Sehingga setelah loting selesai, penampungan yang sudah siap dapat segera difungsikan. “Sementara untuk sisanya sekitar 200 kios akan terus dilanjutkan pembangunannya, agar sebelum puasa atau dalam bulan puasa, seluruh pedagang sudah bisa berjualan di penampungan secara keseluruhan,” ungkap Wako.

Ia mengharapkan pedagang bersabar. Pihaknya berjanji berupaya melakukan percepatan pembangunan Pasar Ateh. "Ini semata-mata untuk masyarakat, khususnya pedagang Pasar Ateh, agar dapat kembali berdagang," tambahnya.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update