Notification

×

Indeks Berita

Pengurus Koperasi Padangpanjang Ikuti Bimtek Akuntabilitas

Jumat, 13 April 2018 | April 13, 2018 WIB Last Updated 2018-04-13T08:12:54Z

Padang Info.com - PADANGPANJANG - Sebanyak 45 orang pengurus koperasi di Padangpanjang mengikuti bimbingan teknis Pengawasan Akuntabilitas Koperasi Bagi Pengurus Koperasi. Kegiatan berlangsung selama dua hari.

Bimtek dibuka Pjs Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Dr Rio Akhdanelly MKes, Kamis (12/4) di Aula Senja Kenangan.

"Koperasi merupakan suatu wadah formal yang bergerak dalam sektor perekonomian masyarakat serta berorientasi penuh pada perwujudan kesejahteraan para anggota. Koperasi berfungsi untuk mensejahterakan anggotanya, serta koperasi dituntut untuk mampu mengembangkan bidang usahanya," ujarnya.

Agar usaha koperasi berjalan dengan baik perlu pengawasan. Pengawasan dalam koperasi sangat dibutuhkan, baik nanti saat adanya masalah dan juga bagaimana si pengelola koperasi dapat mengelola koperasinya dengan baik.

Menurut, pengawasan akuntabilitas koperasi ini merupakan satu komponen penting yang harus diperhatikan, karena ini menyangkut kesejahteraan anggota koperasi. Akuntabilitas pengelolaan koperasi, ini merupakan hal yang sangat penting, bahkan menjadi hal yang diutamakan dalam dunia perkoperasian.

“Persoalan yang sering terjadi pada koperasi adalah keterlambatan dalam menyelesaikan pembukuan atau laporan keuangannya, makanya kita butuh pengawasan dalam koperasi ini,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Padang Panjang yang diwakili Kepala Bidang Koperasi UKM Ernawati, SH mengatakan, tujuan diadakan bimtek ini agar pengurus koperasi memahami dan melaksanakan penerapan kepatuhan dalam mengawasi koperasi.

“Pemahaman akuntabilitas koperasi sangat penting dalam dunia koperasi ini, sebab kita sama-sama mengetahui dana dari setiap anggota harus jelas dan transparan,” ujarnya.(pic)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update