Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Polres Sawahlunto Ciduk 4 Pelaku Curas, Dua Orang Ditembak

Rabu, 11 April 2018 | April 11, 2018 WIB Last Updated 2018-04-11T03:57:36Z
Padang Info.com - SAWAHLUNTO - Aksi pencurian dengan pemberatan di Sawahlunto, Selasa (10/4/2018) berhasil digagalkan jajaran Polres Sawahlunto. Empat orang pelaku diamankan. Dua orang diantaranya sempat dihadiahi tembakan karena berusaha melarikan diri.

Adalah Fani Apis (33) korbannya. Pagi itu, warga Durian ini mengambil uang sebanyak Rp40 juta di BRI Sawahlunto. Uang disimpan dalam jok sepeda motornya. Dalam perjalanan menuju rumah, ia berhenti di daerah Sapan. Fani bermaksud membeli roti. Ia memarkir sepeda motor.

Tanpa diketahuinya, ada dua orang yang mencongkel jok motornya. Kedua pelaku yang dikemudian diketahui berinisial Gr (31) dan Af (32) berhasil mengambil uang tersebut. Aksi kedua pelaku itu terlihat oleh seorang warga.

Warga itu yang segera berteriak, memancing warga lainnya. Sejumlah warga melakukan pengejaran. Namun kedua pelaku berhasil melarikan diri dengan sepeda motornya ke arah Muaro Kalaban.

Tak hilang akal, Fani langsung melapor ke Polsek Barangin yang tidah jauh dari tempat kejadian. Menerima laporan, Kapolsek Barangin AKP Dani Salman langsung berkoordinasi dengan pihak Polres dan petugas dilapangan guna melakukan pengejaran terhadap pelaku yang telah diketahui ciri-cirinya itu.

Pelarian pelaku segera terendus petugas. Aksi kejar-kejaran pun tidak berlangsung. Pihak kepolisian menutup beberapa jalur keluar dari kota Sawahlunto guna mempersempit ruang pelaku untuk lari. Merasa terpojok pelaku membuang barang bukti uang di jalan.

Pelarian kedua pelaku ini akhirnya berakhir setelah sepeda motor yang mereka kendarai menabrak kendaraan warga yang sedang parkir dibelakang barikade yang dibuat oleh pihak kepolisian di daerah Pondok Kapur. Kedua pelaku masuk dalam got dan mengalami luka serius.

"Akibat terlempar ke got tersebut tersangka GR mengalami patah kaki kiri. Sementara tersangka AF mengalami luka lecet. Pelaku sudah menjalani perawatan di RSUD Sawahlunto," jelas petugas.

Petugas langsung melakukan pengembangan. Dari keterangan awal yang didapatkan dari Gr dan Af, diketahui bahwa mereka beraksi bukan hanya berdua. Melainkan lima orang.

Dikantongi petugas ciri-ciri dua pelaku lainnya yang saat beraksi bertugas mengawasi keadaan. Mereka adalah Rz dan Rz. Kedua pelaku ini diketahui melarikan diri ke arah Kubang.

Pihak kepolisian menyisir daerah yang disinyalir menjadi tempat pelarian pelaku kejahatan ini. Petugas kemudian menemukan kendaraan sepeda motor yang ditinggal di pinggir jalan. Kedua pelaku diduga kabur dan lari ke semak-semak.

Melakukan penyisiran di sepanjang aliran sungai, akhirnya petugas menemukan titik terang. Didapatkan keterangtan, kedua pelaku ini menumpang ojek dari Pintu Kubang menuju ke jalan lintas, Muaro Kalaban.

Tanpa memberikan kesempatan lolos, petugas pun segera bergerak. Petugas pun berhasil menciduk keduanya sedang duduk menunggu bus di depan SPBU Muaro Kalaban. Tapi petugas harus melumpuhkan terlebih dahulu. Sebab, keduanya berusaha melarikan diri begitu disergap petugas.

Keterangan Kapolre Sawahlunto Kapolres AKBP Zamroni Wibowo SIK MH, pihaknya juga sudah mengantongi identitas seorang pelaku lainnya, berinisial Bl. Bl diduga merupakan otak dari aksi pencurian tersebut. "Bl masih dalam pengejaran. Kelima pelaku merupakan warga Curup, Bengkulu," jelas Kapolres.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update