Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Rendang dan Empat Makanan Lainnya Ditetapkan sebagai 'National Food'

Selasa, 10 April 2018 | April 10, 2018 WIB Last Updated 2018-04-23T04:19:30Z
Padang Info.com - JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan bahwa industri kuliner memberikan sumbangan cukup besar dalam ekonomi kreatif. Sebesar 30-40 persen pengeluaran rata-rata wisatawan dialokasikan untuk wisata kuliner.

“Motivasi orang untuk bepergian salah satunya itu kuliner. Biasanya kalau datang ke suatu daerah kemungkinan besar yang dicari juga kulinernya. Pengeluaran orang (wisatawan) untuk kuliner itu hingga 40 persen,” ujar Arief saat ditemui di Kementrian Pariwisata, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Oleh sebab itu, untuk terus meningkatkan industri kuliner, kini Indonesia telah memiliki national food yang bisa diperkenalkan ke mancanegara. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) telah menetapkan soto sebagai makanan nasional Indonesia.

“Pemilihan soto karena dianggap paling mewakili Indonesia. Mudah dibuat dan ditemukan di Indonesia,” kata Arief seperti dikutip kompas.comn

Sementara Kementrian Pariwisata menetapkan ada lima makanan nasional Indonesia. Arief mengatakan penentuan makanan nasional ini bedasarkan Forum Group Discussion (FGD) komunitas kuliner. Ada lima national food Indonesia yaitu soto, rendang, sate, nasi goreng, dan gado-gado.

Selain menetapkan makanan nasional, ada tiga destinasi kuliner yang sesuai dengan United Nations World Tourism Organization (UNWTO) yakni Bali, Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang), dan Bandung.

“Ketiga daerah ini dipilih sesuai dengan standarnya ada tiga. Pertama produknya khas atau tidak, kedua komitmen dari pemerintah daerah, dan promosi,” kata Arief.

Arief juga mengatakan bahwa Kemenpar akan mempromosikan 10 restoran yang sudah ada di luar negeri. Tidak seperti Thailand, 10 restoran Indonesia tersebut akan diberikan insentif melalui co-branding oleh Wonderful Indonesia.

Terakhir, Arief menargetkan di tahun mendatang akan ada 100 restoran yang dipromosikan atau co-branding dengan Wonderful Indonesia.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update