Notification

×

Indeks Berita

50 Pengusaha Kecil Pariaman Diberi Pelatihan Kewirausahaan

Rabu, 11 April 2018 | April 11, 2018 WIB Last Updated 2018-04-11T03:05:52Z
Padang Info.com - PARIAMAN - Sebanyak 50 orang masyarakat desa mengikuti pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan keterampilan, produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Peserta pelatihan terdiri dari 25 orang dari Desa Sikapak Barat dan 25 orang dari Desa Tungka Selatan Kecamatan Pariaman Utara.

Acara dibuka Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman, di halaman kantor Desa Sikapak Barat, Kecamatan Pariaman Utara, , Selasa (10/4/2018). "Pelatihan kewirausahaan merupakan salah satu poin penting yang harus diupayakan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat Kota Pariaman," katanya.

Disebutkannya, dalam perkembangan zaman saat sekarang, kewirausahaan sangat dibutuhkan oleh siapapun. Karena itu, itu sebutnya, pelatihan ini sangat penting bagi masyarakat Desa Sikapak Barat dan Desa Tungka Selatan karena masyarakat akan mendapatkan wawasan kewirausahaan, secara otomatis masyakarat yang mengikuti pelatihan ini akan terarah.

Mukhlis berharap kepada semua peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, sehingga setelah mengikuti pelatihan peserta dapat memberikan manfaat yang signifikan terhadap kesejahteraan diri dan lingkungannya.

"Kepada 50 orang peserta diharapkan dapat melaksanakan pelatihan dengan sebaik-baiknya sehingga setelah selesai pelatihan ini dapat mengembangkan usahanya. Mungkin selama ini peserta berusaha secara tradisional, maka dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat mengelola usahanya dengan lebih  baik lagi. Karena usaha yang dikelola dengan baik juga akan tumbuh dengan baik", harapnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivias Kementerian Ketenagakerjaan RI, Yon Hendri mengatakan bahwa faktor lapangan kerja ketersediaan tenaga kerja senantiasa menjadi permasalahan setiap negara. Keduanya memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

"Ketidakseimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat pada terjadinya pengangguran, sehingga salah satu upaya untuk menanggulangi pengangguran adalah melalui pelatihan kewirausahaan ini", terangnya.

Yon Hendri juga mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, sehingga keberhasilan produktivitas perlu didukung dengan pelaksanaan sikap mental untuk lebih produktif.

Kepala Desa Sikapak Barat, Efrizal menyampaikan pelatihan kewirausahaan yang diberikan berupa keterampilan sablon, tataboga dan karangan bunga. Pelatihan akan dilaksanakan selama empat hari, 10-13 April. Pelaksanaan kegiatan dipusatkan di aula kantor Desa Sikapak Barat dan Tungka Selatan.(ira/mir)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update