Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Soal Suntiang Seksi, Bundo Kanduang Somasi Anne Avantie

Sabtu, 07 April 2018 | April 07, 2018 WIB Last Updated 2018-04-07T00:02:12Z
Padang Info.com - PADANG - Penasehat Bundo Kanduang berserta semua istri Bupati dan Walikota se Sumatera Barat akan melukan somasi terhadap Anne Avantie. Ini berkaitan dengan penampilan pakaian adat Minangkabau, suntiang, yang tidak sesuai dengan keberadaannya sebagai bagian dari busana adat.

“Rencana somasi yang akan kita layangkan tersebut akan ditandatangani Penasehat Bundo Kanduang serta Ibu Walikota dan Bupati se-Sumbar selaku Pembina Bundo Kanduang di 19 Kabupaten/Kota ditambah Ketua Bundo Kanduang,” kata Ketua Penasehat Bundo Kanduang Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno, Jumat (6/4/2018)

Suntiang yang dikenal sebagai pakaian adat Minangkabau yang penggunaanya sangat memperhatikan filosofi adat. Namun oleh pihak perancang busana di Jakarta, suntiang ditampilkan dengan model yang seksi.

Peragaan suntiang dengan kebaya seksi itu diperagakan artis ibukota Sophia Latjuba, pada kegiatan fashion show Anne Avantie yang bertajuk “Sekarayu Sriwaderi” di Jakarta Convention Center, dalam rangkaian Indonesia Fashion Week 2018.

Hajatan itu merupakan selebrasi 29 tahun Anne Avantie berkarya sebagai desainer, Kamis 29 Maret 2018. Ketika itu mantan istri Indra Lesmana tersebut muncul dalam sekuens busana bridal dalam balutan gaun keemasan untuk pengantin Minang. Kepalanya bermahkotakan suntiang emas.

“Kita tentu sangat perihatin adanya busana kreasi pengantin modern yang memadukan dengan atasan yang menyerupai suntiang Minang tersebut," sebut Nevi.

Disebutkannya, pakaian tradisi Minang tidak boleh dicampur atau dikreasikan dengan bentuk apapun. Sebab, setiap busana dari Minang telah berlandaskan filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update