Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Warga Lumpo Dambakan SMA

Rabu, 02 Mei 2018 | Mei 02, 2018 WIB Last Updated 2018-05-02T10:52:37Z
Padang Info.com - PAINAN - Warga Lumpo Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan, mengharapkan ada sekolah menengah atas (SMA). Selama ini, tamatan SMP atau MTSn harus melanjutkan pendidikan ke SMA atau MAN yang ada di Salido atau Painan yang jaraknya cukup jauh dari Lumpo.

Selain itu, tamatan siswa setingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Nagari Lumpo Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus meningkat setiap tahun. 

"Karena itu masyarakat nagari itu berharap agar dilakukan pembangunan satu unit Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar," tutur Suherman, tokoh masyarakat Kenagarian Lumpo, Rabu (2/5) di Painan.

Dikatakanya saat ini rata-rata jumlah siswa tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N), di Kenagarian Lumpo telah  mencapai 300 orang per tahun.

"Shingga sangatlah wajar warga berharap pembangunan satu unit SMAN di lakukan di kenagarian ini," katanya. 

Disampaikanya bahwa untuk mendukung terlaksananya pembangunan gedung SMAN tersebut, masyarakat di nagari itu siap membebaskan lahan sesuai dengan kebutuhan.

Keberadaan gedung SMAN telah lama menjadi dambaan masyarakat. Karena, tamatan tiga sekolah masing-masing SMPN serta MTsN Lumpo harus melanjutkan jenjang pendidikan SMA atau MAN ke luar seperti Painan dan Salido yang berjarak 10 sampai 15 kilometer.

"Dengan jarak tempuh yang relatif jauh, tentu akan menambah biaya dan memberatkan orang tua. Oleh karena itu, pembangunan gedung SMA sudah mendesak dan perlu menjadi perhatian serius oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat," tuturnya.(pci)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update