Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Atasi Abrasi, Bupati Pessel Surati Menteri PUPR

Kamis, 18 Oktober 2018 | Oktober 18, 2018 WIB Last Updated 2018-10-18T03:45:31Z
Padang Info.com - PESISIR SELATAN – Mengatasi abrasi pantai melanda pantai Amping Parak Surantih, Kecamatan Sutera, beberapa hari lalu, Bupati Pesisir Selatan H Hendrajoni langsung jemput bola ke Kementerian PUPR.

Abrasi pantai di Amping Parak Surantih, kondisinya memang cukup mengkuatirkan dan perlu penanganan serius dari pemerintah pusat, yaitu dengan pemasangan batu jetty di sepanjang pantai tersebut.

Antisipasi cepat dilakukan Pemerintah Kabupaten Pessel dan Provinsi Sumbar telah memasang kantong-kantong pasir di lokasi abrasi pantai.

Bupati Hendrajoni ketika dihubungi menegaskan, untuk meminimalisir dan melakukan penanganan cepat abrasi pantai Amping Parak Surantih, saat ini sudah menghadap ke Kementerian Pekerjaan Rumah dan Pemukiman Rakyat (PU-PR), untuk menyampaikan kondisi abrasi pantai di daerahnya.

“Kita sampaikan proposal kepada Menteri, mudah-mudahan bisa terealisasi,” harap Hendrajoni.

Sepanjang pantai di Amping Parak Surantih rawan  abrasi pantai. Mengatasinya, minimal bisa dibangun batu pemecah ombak di lokasi tersebut.

"Setidaknya, sepanjang dua kilometer di bibir pantai harus dipasang batu jeti sebagai penahan ombak agar pemukiman warga aman dari abrasi. Saya akan berupaya menjemput bantuan ke pusat karena pembangunan batu penahan ombak akan menghabiskan anggaran puluhan miliar," ucap Bupati.

Disebutkannya, dengan adanya batu pemecah ombak, bisa sedikit aman saat terjadi abrasi pantai, khususnya bagi masyarakat yang berada disepanjang pantai.

Kepala PSDA Pessel Doni Guzrizal menyampaikan, memang butuh pemasangan grib di sepanjang pantai di Amping Parak, karena kondisinya cukup rawan abrasi pantai.

antisipasi awal Pemkab Pessel melalui PSDA bersama BPBD menyerahkan karung pasir sebanyak 30 buah, untuk dipasang sementara di lokasi rumah warga yang terkena dampak abrasi pantai.(pic)
×
Berita Terbaru Update