--> Gagas Kemandirian, Yayasan Pelita Ilmu Jalin Kerjasama dengan SMA INS Kayutanam | Padang Info |

Gagas Kemandirian, Yayasan Pelita Ilmu Jalin Kerjasama dengan SMA INS Kayutanam

Padang Info.com - KAYUTANAM - Pelita Desa merupakan bagian dari Yayasan Pelita Ilmu yang bergerak dalam bidang Pembangunan Masyarakat Ped...

Padang Info.com - KAYUTANAM - Pelita Desa merupakan bagian dari Yayasan Pelita Ilmu yang bergerak dalam bidang Pembangunan Masyarakat Pedesaan yang berpusat di Kabupaten Bogor, Jawa Barat menjalin kerjasama dengan SMA INS Kayutanam, Padang Pariaman.

Pelita Desa mengirim sejumlah relawannya ke INS Kayutanam untuk menularkan berbagai program kerja dalam rangka meningkatkan kemandirian institusi sekolah dalam menjalankan aktifitas pendidikan.

"Kita harapkan INS Kayutanam ini makin mendiri sehingga mampu menjalankan aktifitas pendidikan dengan swadaya. Caranya adalah dengan mengaktifkan sejumlah kegiatan ekonomi yang potensinya dipunyai sendiri," jelas Prof Dr Samsuridjal Djauzi SpPD-KAI, pendiri Yayasan Pelita Ilmu menjawab padanginfo.com, Rabu (31/10/2018) di Kayutanam.

Bersamaan dengan itu, siswa dilatih untuk berwirausaha terutama yang punya talenta bisnis sehingga mampu mandiri. Siswa yang sebelumnya mendapatkan beasisiwa, diharapkan mampu mandiri dan membiayai pendidikan dari hasil usaha yang dijalankan.

Mengadopsi apa yang sudah dijalankan di Bogor, pihak Pelita Desa juga akan pengembangan sarana wisata maupun produk pertanian, peternakan, perikanan ataupun produk unggulan lainnya. Dalam membantu kemandirian SMA INS Kayutanam, aktivis Pelita Desa menggunakan pendekatan dengan cara melatih siswa dengan memanfaatkan kemajuan informasi dan teknologi.

"INS Kayutanam dengan kawasan pendidikan yang cukup luas dinilai sangat potensial untuk dikembangkan. Wisata outbound memungkinkan sekali. Juga pengembangan pertanian dan perikanan," jelas Samsuridjal optimis. Terlebih kawasan pendidikan INS Kayutanam berada di pinggir jalan lintas Padang-Bukittinggi yang ramai.

Salah satu potensi yang digarap adalah membangun kafe dan kedai produk makanan tradisional Minang serta cenderamata. Meski masih dalam tahap pembangunan, namun kafe dengan nama "Talenta Cafe dan Mart' yang persis di pinggir jalan Padang-Bukittinggi itu sudah mulai beraktifitas. Rabu kemarin diresmikan operasionalnya.

Diungkapkannya dokter yang pernah menjabat Direktur Utama Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta ini, komplek rekreasi outbound dan edukasi yang dikelola di Bogor diutamakan bagi para pelajar. Luasnya mencapai 3 hektar berada di desa Putat Nutug, Ciseeng. Setiap pekannya, tidak kurang dari 2000-an orang yang datang.

"Penyelenggaraan kegiatan wisata ini melibatkan penuh warga setempat. Hanya ada sedikit warga yang berasal dari Jakarta dari sekitar 200 orang warga yang terlibat, baik sebagai pelatih, penyedia konsumsi, pembersih lahan maupun pedagang setempat. Jadi, selain melaksanakan pendidikan dan wisata, kita juga berkomitmen meningkatkan perekonomian warga desa setempat," papar guru besar Kedokteran UI kelahiran Bukittinggi itu.

Samsuridjal Djauzi dikenal sebagai dokter yang berdedikasi tinggi pada dunia kesehatan dan pendidikan itu berkomitmen menularkan keberhasilan pengelolaan Pelita Desa kepada semua pihak dan institusi di Sumatera Barat yang punya kemauan untuk itu.

"Pelita Desa akan lebih banyak menggunakan potensi dan dana yang ada untuk mendukung masyarakat, menyiapkan penggunaan teknologi serta membangun jaringan pertemanan yang luas. Pertumbuhan asset bukan merupakan tujuan Pelita Desa. Pelita Desa lebih mengutamakan manfaat bagi masyarakat luas," jelasnya.

Namun, sebutnya, Pelita Desa hanya akan memberi dukungan ke mitra yang memang berniat dan siap untuk memajukan desa dan pendidikannya. Pelita Desa akan menyediakan berbagai fasilitas, jika mitra di desa terutama remaja, memang sudah mulai berupaya membangun desa mereka.

Jaringan pertemanan Pelita Desa tidak hanya sebatas di dalam negeri tapi juga terbuka untuk menjalin pertemanan dengan negara-negara lain. Pelita Desa akan berubah dari organisasi desa menjadi organisasi nasional bahkan diharapkan 5 tahun lagi akan mampu menjadi salah satu organisasi desa yang bertaraf internasional.(afm)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,51,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,112,bisnis,152,budaya,40,bukittinggi,72,daerah,241,dharmasraya,106,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1689,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,147,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,20,K,1,kabupaten solok,21,keamanan,1,kesehatan,216,ko,1,kota,252,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,1,lingkungan,38,mentawai,21,nasional,77,olahraga,37,opini,21,organisasi,4,ormas,4,padang,309,padang pariaman,47,padang. kota,1,padangpanjang,21,pariaman,60,pasaman,14,pasaman barat,11,payakumbuh,26,peduli,39,pendidikan,197,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,79,Pilkada,103,politik,114,prestasi,2,sawahlunto,228,sijunjung,38,solok,18,solok selatan,10,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Gagas Kemandirian, Yayasan Pelita Ilmu Jalin Kerjasama dengan SMA INS Kayutanam
Gagas Kemandirian, Yayasan Pelita Ilmu Jalin Kerjasama dengan SMA INS Kayutanam
https://4.bp.blogspot.com/-tjYQ5ZNYsLw/W9qXeK_xzUI/AAAAAAAACBo/Bvlt__8IWrUyoPHeb0NRbgHa3dUdjjT2gCLcBGAs/s400/samsuridjal.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-tjYQ5ZNYsLw/W9qXeK_xzUI/AAAAAAAACBo/Bvlt__8IWrUyoPHeb0NRbgHa3dUdjjT2gCLcBGAs/s72-c/samsuridjal.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2018/10/gagas-kemandirian-sma-ins-kayu-tanaman.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2018/10/gagas-kemandirian-sma-ins-kayu-tanaman.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy