Notification

×

Indeks Berita

Pemko Solok Kembangkan Agrowisata Payo

Kamis, 06 Desember 2018 | Desember 06, 2018 WIB Last Updated 2018-12-06T07:38:34Z
Padang Info.com - SOLOK - Pemko Solok kembangkan kawasan wisata agro. Pengembangan kawasan wisata yang berada di Dusun Payo, Tanah Garam itu bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian.

Kepala Balitbangtan Kementerian Pertanian diwakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Hardiyanto di Solok, saat peresmian Rabu (6/12/2018), mengingatkan Pemerintah Kota Solok agar mengembangkan Kawasan Agrowisata Dusun Payo, Kelurahan Tanah Garam secara khusus dan berbeda dengan daerah lain untuk menarik wisatawan.

"Harus ada suguhan baru, misalnya kawasan agrowisata bunga krisan ini dilengkapi dengan konter buah, sayuran organik, atau kopi dengan campuran alpukat," katanya.

Disebutkannyasi pengembangan kawasan agrowisata mendorong terciptanya sistem agribisnis yang mengkonsolidasikan semua segmen usaha secara vertikal maupun horizontal berbasis kelembagaan dan unggulan daerah. "Perpaduan yang serasi antara keindahan alam dengan tata kelola pertanian yang sarat inovasi akan menjadi daya tarik kawasan agrowisata Payo Kota Solok," jelasnya seperti dikutip antaranews.com..

"Kami berharap pemerintah nantinya dapat mengembangkan agrowisata ini menjadi pusat produksi, promosi, edukasi, dan obyek wisata agro yang memberi nilai tambah bagi masyarakat pada masa kini dan masa mendatang," sebutnya

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Solok Zul Efian, mengungkapkan bahwa terciptanya kawasan agrowisata Payo ini, merupakan hasil tangan-tangan terampil dari peneliti Balitbangtan Kementerian Pertanian melalui BPTP Sumatera Barat, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Balai PenelitianTanaman Hias, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Biofarmaka.

Selain itu juga dibantu Balai Penelitian Tanaman Industri serta Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian yang telah menyusun grand Design Tata Kelola Pertanian sesuai dengan kemampuan dan daya dukung lahan di daerah Payo.

"Kami mengucapkan terima kasih tidak terhingga kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang telah bekerjasama dengan Pemko Solok dalam mengembangkan Agrowisata," ujarnya.(*/pic)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update