Notification

×

Indeks Berita

Peringati Hari Bumi dengan Apel dan Goro di Ngarai Sianok

Selasa, 04 Desember 2018 | Desember 04, 2018 WIB Last Updated 2018-12-04T06:01:20Z
Padang Info.com - BUKITTINGGI — Peringati hari bumi dan hari lingkungan hidup tingkat provinsi, Pemprov Sumbar bersama Pemko Bukittinggi gelar apel dan goro. Dilaksanakan Senin (3/12/2018), kegiatan ini dipusatkan di kawasan Ngarai Sianok, Senin, (03/12).

Apel dan goro bersama ini, dipimpin langsung Wakil Ketua TP PKK Sumatera Barat bersama Walikota Bukittinggi, dihadiri Wakil Ketua DPRD, H. Trismon, unsur Forkopimda, Ketua dan pengurus TP PKK kabupaten kota se Sumatera Barat, Sekda, seluruh kepala OPD dan ASN di lingkungan pemerintah kota Bukittinggi.

Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny Yesi Endriani Ramlan, selaku ketua panitia, menjelaskan, kegiatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi tehadap lingkungan.

Tema kegiatan kali ini, ‘Bersihkan Bumi Dari Sampah Plastik’. Tema ini diangkat karena memang, sampah plastik menjadi masalah besar dalam kebersihan lingkungan. Dimana sampah plastik sangat sulit untuk terurai dan menjadi ancaman serius bagi kehidupan jika tidak dapat dikendalikan.

“Sedangkan khusus kota Bukittinggi, jumlah sampah plastik 18,76%. Kondisi ini perlu diwaspadai karena setiap saat akan terus bertambah jika tidak dikendalikan. Untuk itu butuh kerja keras bersama untuk penanganannya,” jelasnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengungkapkan terima kasih kepada TP PKK provinsi Sumatera Barat, yang mempercayakan Bukittinggi sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan peringatan hari bumi dan hari lingkungan hidup tingkat provinsi tahun 2018 ini. Pemilihan kawasan Ngarai sebagai lokasi peringatan ini, diniilai tepat, karena Ngarai merupakan bagian dari bumi dan lingkungan hidup yang patut dilestarikan.

“Apalagi Ngarai Sianok sudah mendapatkan sertifikat sebagai kawasan Georpark Nasional. Berarti harus semakin kita jaga bersama,” ungkap Ramlan.

Wako berharap, seluruh daerah dapat mensosialisasikan upaya melestarikan bumi dan lingkungan hidup. Salah satunya dengan mengantisipasi penggunaan sampah plastik.

“Sampah bisa menjadi sumber ekonomi jika pandai mengolahnya. Untuk Bukittinggi, kita sudah berupaya dengan membagikan 12 ribu lebih tas belanja agar para ibu tidak gunakan kantong plastik saat berbelanja. Selain itu, juga sudah mulai dibagikan botol minuman kepada pelajar, sehingga tidak ada lagi murid yang membeli air minum kemasan plastik,” jelasnya.

Wakil Ketua TP PKK Sumbar, Ny. Wartawati Nasrul Abit, menyampaikan, peringatan hari bumi dan lingkungan hidup tahun 2018, merupakan peringatan yang keempat, dengan tema bersihkan bumi dari sampah plastik. Bumi sedang alami masalah seirus, khususnya masalah lingkungan.

“Dengan peringatan hari bumi dan lingkungan hidup ini, kita mantapkan komitmen selamatkan bumi dari sampah plastik. Sehingga bumi dipenuhi pohon, bebas sampah plastik, bumi kita indah dan sehat,” ujar Wartawati.(pic)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update