--> Kemendes PDTT Beri Pelatihan Kepada Kader di Padang Pariaman dan Agam | Padang Info |

Kemendes PDTT Beri Pelatihan Kepada Kader di Padang Pariaman dan Agam

PADANG PARIAMAN - PadangInfo.COm - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Badan Peneli...


PADANG PARIAMAN - PadangInfo.COm - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi memberikan pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) di Padangpariaman, dan pelatihan kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) di Agam.

Kedua pelatihan tersebut, kata H Febby Datuk Bangso, untuk meningkatkan kualitas pengelola Bumnag dan kader Pemberdayaan Masyarakat. “Kementerian memberikan perhatian serius untuk peningkatan kualitas tersebut, sehingga upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai,” kata Staf Khusus Kemendes PDTT yang juga putra Sumatera Barat tersebut.

Kedua pelatihan tersebut dilaksanakan serentak di dua tempat berbeda. Materi diberikan Balai Latihan Masyarakat (Balatmas) Kemendes PDTT Pekanbaru, Senin (28/1) kemarin.


Peserta dari Padang Pariaman (hms)
“Pelatihan pengelolaan Bumnag ditujukan untuk meningkatkan kompetensi   pengelola Bumnag,  sehingga mampu mengelolanya secara optimal,  berjalan secara kontinyu dan berkesinambungan,” kata  Fasilitator Balai Latihan Masyarakat (Balatmas) Kemendes PDTT Pekanbaru Endang, disela-sela kegiatan di Kantor Walinagari Lubuak Pandan, Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung, Padangpariaman.

 Pelatihan puluhan peserta, berasal dari Bumnag se-Kabupaten Padangpariaman dan perwakilan Bumnag se-Sumbar. “Pelatihan  ini digagas untuk semakin meningkatkan pemahaman dan kemampuan para pengelola Bumdes/Bumnag sehingga berdampak meningkatkan pendapatan,” jelas Endang.

Terobosan yang dilakukan Kemendes PDTT ini mendapatkan apresiasi dari Camat 2 x 11 Enam Lingkung, dan Walinagari Lubuk Pandan. Mereka berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan para peserta yang hadir, dan dapat diaplikasikan nanti dalam pengelolaan BUMNag menjadi lebih baik.

 “Kegiatan ini  akan  menambah pengetahuan dan wawasan para pengelola Bumnag.  Diharapkan  berdampak terhadap meningkatnya kualitas SDM para pengelola Bumnag, sehingga menjadikan BUMNag menjadi lebih maju dan berkembang,” terang  Camat 2 X 11 Enam Lingkung, Syofrion Syofrion didampingi Walinagari Lubuakpandan Budiman.

Pelatihan Kader Pemberdayaan

Peserta dari Agam (hms)
Sementara di Kabupaten Agam,  Kemendes PDTT melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Pelatihan dan Informasi Balai Latihan Masyarakat (Balatmas) Pekanbaru, menghadirkan  pelatihan kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD),  di Kantor Walinagari Kubang Putiah Kecamatan Banuhampu.
 
Pelatihan kader PMD Angkatan I tahun 2019,  digelar 28 Januari - 1 Februari 2019. Fasilitator Balai Latihan Masyarakat (Balatmas) Pekanbaru Orchida Indahwati mengatakan, pelatihan kader PMD ini merupakan program Kemendes PDTT yang bertujuan untuk memberdayakan kader di desa atau nagari.

"Melalui pelatihan ini diharapkan para kader PMD bisa memberikan manfaat untuk pembangunan desa. Peserta diberikan motivasi dan materi tentang pemberdayaan masyarakat desa dan juga Permendes tentang prioritas penggunaan dana desa,” ujar Orchida

Ia menyebutkan, dalam kegiatan ini juga hadir kader kesehatan dan kader Posyandu.  Materi tentang stunting yakni tumbuh kembang anak tak sesuai usia diberikan. Pelatihan ini dilaksanakan di Nagari Kubang Putiah karena masuk wilayah sasaran. Disamping itu,Kabupaten Agam termasuk wilayah kerja Balatmas Pekanbaru.

"Semua kecamatan di setiap provinsi harus mendapat program pelatihan Kemendes ini. Untuk Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam mendapat giliran pelatihan kader PMD oleh Balatmas Pekanbaru di bawah naungan Kemendes PDTT dan berpusat di Sumatera,"ungkap Orchida.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam Teddy Martha,S,STP mengatakan, tugas dan fungsi kader pemberdayaan masyarakat dan kader Posyandu dalam berpartisipasi aktif dalam pembangunan yang dilaksanakan sangat dibutuhkan, begitu juga lapisan masyarakat lainnya.

"Pemberdayaan masyarakat berhasil jika kelompok komunitas atau masyarakat menjadi agen pembangunan bukan lagi sebagai objek atau penerima mamfaat, tapi mereka dapat menjadi subjek atau motor penggerak. Keberadaan para kader ini  sangat penting dalam pembangunan desa,” terangnya.

Ditambahkannya, para kader pemberdayaan masyarakat ini dapat membantu suksesnya program yang digagas pemerintah untuk diterima mamfaatnya oleh masyarakat. Dengan kemampuan yang dimiliki sebagai pelopor pembaharuan dan pemecah masalah  dalam pendampingan yang dilakukan di desa atau nagari, para kader dapat memotivasi masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan.

“Kader pemberdayaan masyarakat diharapkan mampu mengindentifikasi masalah dan kebutuhan pelayanan oleh masyarakat. Peran partisipatif,menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat bersama lembaga kemasyarakatan kepada pemerintah dan menyusun rencana pembangunan," jelasnya.(mp)

Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,51,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,112,bisnis,152,budaya,40,bukittinggi,72,daerah,241,dharmasraya,106,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1687,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,147,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,20,K,1,kabupaten solok,20,keamanan,1,kesehatan,216,ko,1,kota,252,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,1,lingkungan,38,mentawai,21,nasional,77,olahraga,37,opini,21,organisasi,4,ormas,4,padang,308,padang pariaman,47,padang. kota,1,padangpanjang,21,pariaman,60,pasaman,14,pasaman barat,11,payakumbuh,26,peduli,39,pendidikan,197,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,79,Pilkada,101,politik,114,prestasi,2,sawahlunto,228,sijunjung,38,solok,18,solok selatan,10,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,61,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Kemendes PDTT Beri Pelatihan Kepada Kader di Padang Pariaman dan Agam
Kemendes PDTT Beri Pelatihan Kepada Kader di Padang Pariaman dan Agam
https://1.bp.blogspot.com/-xN5_IwiuAXY/XE-1baO3R5I/AAAAAAAACYw/WwI3ER4VPrETwZcPLFaLX272YVU7myc9ACEwYBhgL/s320/febby%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xN5_IwiuAXY/XE-1baO3R5I/AAAAAAAACYw/WwI3ER4VPrETwZcPLFaLX272YVU7myc9ACEwYBhgL/s72-c/febby%2B1.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2019/01/kemendes-pdtt-beri-pelatihan-kepada.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2019/01/kemendes-pdtt-beri-pelatihan-kepada.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy