--> Yayasan Chatib Sulaiman Usulkan Chatib Sulaiman Jadi Pahlawan Nasional | Padang Info |

Yayasan Chatib Sulaiman Usulkan Chatib Sulaiman Jadi Pahlawan Nasional

Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko pimpin peringatan Peristiwa Situjuah ke-70 pada Selasa (15/1/2019) di lapangan Chati...

Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko pimpin peringatan Peristiwa Situjuah ke-70 pada Selasa (15/1/2019) di lapangan Chatib Sulaiman Situjuh Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.
PADANG – PadangInfo.Com - Yayasan Chatib Sulaiman  akan mengusulkan  Chatib Sulaiman kepada pemerintah pusat sebagai Pahlawan Nasional. Untuk menjemput ingatan masyarakat Sumbar terhadap pejuang kemerderkaan asal Kota Padang Panjang itu, yayasan menggelar seminar nasional dan bedah buku sekaligus, termasuk  persiapan pengusulan Chatib Sulaiman jadi pahlawan nasional . Seminar digelar di Ruang Dilo Telkom Witel Padang, Jln. Rasuna Said Padang, Sabtu  (19/1/2019)

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian mengenang 70 tahun gugurnya Chatib Sulaiman pada 15 Januari 1949 bersama 68 pejuang kemerdekaan lainnya di Nagari Situjuah, Lima Puluh Kota, Sumbar.
Ketua Pelaksana Satria Haris  mengatakan, seminar nasional digelar sebagai salah satu usaha untuk membuka kembali ingatan kolektif masyarakat, terutama generasi milineal di Sumatera Barat tentang sosok pejuang kemerdekaan Indonesia Chatib Sulaiman.

“Seminar bertaraf nasional ini juga dikesankan sebagai salah satu upaya melengkapi syarat pengajuan pejuang kemerdekaan Chatib Sulaiman sebagai pahlawan nasional. Selain itu, ada dua buku tentang Chatib Sulaiman juga akan dibedah,” kata Satria Haris, Rabu, pekan lalu .

Seminar menampilkan pembicara  Asvi Warman Adam (sejarawan dan peneliti dari LIPI), Wannofri Samry (Ketua MSI Sumbar) dan Amril Amir (Ketua DHD 45 Sumbar). Dibagian lain  untuk perbincangan buku Berjuang dan Gugur untuk Kemerdekaan Indonesia karya Hikmat Israr dibedah Hasril Chaniago (wartawan dan  peminat sejarah) dan buku karya Fikrul Hanif Sufyan berjudul Sang Republiken (Biografi Chatib Sulaiman 1924-1949) dianalisis Mestika Zed (Guru Besar Sejarah UNP).

Lalu lintas diskusi akan diatur Israr Iskandar dari Jurusan Sejarah FIB Unand dan Andahayani, perempuan jurnalis dari Classy FM Padang. Juga dalam kegiatan itu akan diluncurkan Yayasan Chatib Sulaiman.  
“Seminar nasional, bedah buku, dan peluncuran Yayasan Chatib Sulaiman, merupakan salah satu rangkaian memperingati gugurnya para pejuang kemerdekaan yang dikenal dengan Peristiwa Situjuah pada 15 Januari 1949 lalu. Ada 69 pejuang yang gugur dibantai Belanda, termasuk salah satunya Chatib Sulaiman. Kita berharap dalam kegiatan semua pihak ikut berpastisipasi,” jelas Satria Haris.

Sementara itu, menurut Sudarman Khatib Datuak Babangso, Ketua Yayasan Chatib Sulaiman, Peristiwa Situjuah adalah mata rantai yang tak bisa dipisahkan dengan eksistensi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) 1948-1949 di Sumatera Tengah.

“Chatib Sulaiman salah satu pejuang yang ikut dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sebelum gugur dalam peristiwa berdarah di Situjuah, Chatib Sulaiman dipercaya sebagai Ketua Markas Pertahanan Rakyat Daerah dalam “struktur” PDRI. Chatib Sulaiman memimpin rapat penting di Lurah Kincia, Situjuh Batua, Kecamatan Situjuah. Rapat penting itu diketahui Belanda, maka terjadilah peristiwa berdarah yang kita diperingati setiap tahu,” terang Sudarman Khatib Datuak Babangso.

Ia berharap, peringatan 70 Tahun Peristiwa Situjuah dan dan gugurnya Chatib Sulaiaman ini akan membuka lebih lebih luas ingatan kolektif, terutama  generasi muda.

“Kita berharap kegiatan seminar ini jadi salah langkah penting untuk bisa menjadikan Chatib Sulaiman sebagai pahlawan nasional,” ujar Sudarman Khatib Datuak Babangso dan Satria Haris.
Selain itu, tambah Sudarman Khatib Datuak Babangso, sebagai wujud penghormatan kepada perjuangan Chatib Sulaiman, beberapa ruas jalan utama di berbagai kota diberi nama jalan seperti di Kota Padang.
“Namun, kami berharap penulisan namanya dikoreksi agar tepat, yakni Chatib Sulaiman. Selama ini ditulis “Jalan Khatib Sulaiman,” harapnya.

Dijadwalkan, kegiatan ini akan dihadiri Gubernur Sumatera Barat, pejabat dari Kemensos, Wali Kota Padang, Bukittinggi, Padang Panjang, Bupati Lima Puluh Kota dan Agam, Dinas Sosial Sumatera Barat dan Padang, mahasiswa, anggota DHD 45 Sumbar, MSI, guru dan mahasiswa sejarah, serta pegiat literasi di Sumatera Barat.

Rangkaian memperingati 70 Tahun Peristiwa Situjuah dan Gugurnya Chatib Sulaiman telah dilangsungkan sejak tanggal 15 Januari 2019 dengan kegiatan upacara dan tabur bunga yang dihadiri Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko. Selanjutnya, talkshow tentang Chatib Sulaiman dan Pengusulan sebagai Pahlawan Nasional di Radio Classy FM dan Padang TV dengan narasumber para sejarahwan. (mp)


Baca Juga

loading...
Name

50 Kota,8,agam,51,Artikel,7,bank,3,Beasiswa,12,bencana,1,birokrasi,112,bisnis,151,budaya,40,bukittinggi,72,daerah,241,dharmasraya,105,duniamaya,52,figur,4,galeri,1,head,10,headline,1678,hiburan,3,hotel,1,Hotel di Padang,1,hukrim,147,infokerja,43,infrastruktur,1,inspiratif,2,Jakarta,20,K,1,kabupaten solok,20,keamanan,1,kesehatan,216,ko,1,kota,252,kuliner,4,limapulu kota,7,limapuluhkota,1,lingkungan,38,mentawai,21,nasional,76,olahraga,37,opini,21,organisasi,4,ormas,4,padang,304,padang pariaman,46,padang. kota,1,padangpanjang,21,pariaman,59,pasaman,14,pasaman barat,11,payakumbuh,26,peduli,39,pendidikan,197,perdagangan,3,peristiwa,7,pertanian,4,pesisir selatan,79,Pilkada,95,politik,114,prestasi,2,sawahlunto,228,sijunjung,37,solok,18,solok selatan,10,tanah datar,23,terbaru,8,transportasi,60,traveling,6,ukm,5,video,3,wisata,23,
ltr
item
Padang Info : Yayasan Chatib Sulaiman Usulkan Chatib Sulaiman Jadi Pahlawan Nasional
Yayasan Chatib Sulaiman Usulkan Chatib Sulaiman Jadi Pahlawan Nasional
https://2.bp.blogspot.com/-OGRreip31_o/XEB1jdJsTmI/AAAAAAAACWk/AGrM2Gh3el8ma1kAzc6j0_C52xfUTAPYgCEwYBhgL/s400/khatib%2Bs.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-OGRreip31_o/XEB1jdJsTmI/AAAAAAAACWk/AGrM2Gh3el8ma1kAzc6j0_C52xfUTAPYgCEwYBhgL/s72-c/khatib%2Bs.jpg
Padang Info
https://www.padanginfo.com/2019/01/yayasan-chatib-sulaiman-usulkan-chatib.html
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/
https://www.padanginfo.com/2019/01/yayasan-chatib-sulaiman-usulkan-chatib.html
true
2338696794869057995
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy