Notification

×

Indeks Berita

Disparpora Diminta Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata Kota Sawahlunto

Jumat, 15 Februari 2019 | Februari 15, 2019 WIB Last Updated 2019-02-15T10:52:58Z
SAWAHLUNTO - PadangInfo.Com - Disparpora Kota Sawahlunto diminta  meningkatkan kinerja, terutama dalam memunculkan inovasi - inovasi yang dapat meningkatkan daya tarik pariwisata. Sebab tanpa peningkatan dan terobosan - terobosan baru itu, maka pariwisata Sawahlunto terancam jalan di tempat.

"Mengelola pariwisata ini, peningkatan kualitas, dibarengi dengan memunculkan inovasi - inovasi itu menjadi kunci. Makanya, saya minta kepada bapak ibu di Disparpora ini, mari kita meningkatkan kualitas dengan meningkatkan kinerja, kemudian berkreasi sehingga tumbuh inovasi. Pariwisata kita butuh itu," tutur Zohirin, dalam pernyataannya di hadapan para pegawai Disparpora, Rabu (13/2)

Zohirin memberi sejumlah saran. Antara lain agar dimunculkan satu destinasi baru dengan daya tarik inovatif yang belum dimiliki oleh pariwisata di daerah lain. Destinasi itu nantinya harus benar - benar 'boneh', atau dengan kata lain benar - benar dikelola seoptimal mungkin sehingga kualitasnya memang bagus dan terjaga.

"Atau kalau pun belum bisa memunculkan destinasi baru, maka destinasi yang ada sekarang ini harus kita branding kembali. Kita kelola lebih serius. Kita munculkan inovasinya, daya tariknya kita pertajam lagi,' saran Zohirin.

Menjembatani itu, Zohirin pun meminta agar koordinasi dengan praktisi atau profesional di bidang pariwisata dapat dijalin lebih banyak. Agar banyak referensi - referensi dan gagasan - gagasan baru yang dapat dipertimbangkan.

"Untuk sinergi ini, kita tentu harus jalin dengan seluruh pihak. Apalagi dengan masyarakat. Makanya koordinasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) kalau dapat ditingkatkan lagi," kata Zohirin.

Menyambut instruksi Wakil Walikota itu,Kepala Disparpora, Efriyanto menyebutkan pihaknya siap menindaklanjuti arahan tersebut.

Dikatakan Efriyanto, memang terdapat berbagai tantangan dalam pengelolaan pariwisata di Sawahlunto. Kendala seperti masih lemahnya koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), masih dibutuhkannya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di bidang pariwisata, dan beberapa tantangan lainnya.

"Namun tentu tantangan - tantangan ini membuat kami semakin bersemangat untuk mengatasinya. Apalagi dengan kunjungan silahturrahmi pak Wakil Walikota langsung ke Dinas kami, mendengarkan langsung bagaimana dinamika kami di sini. Tentu sesuai arahan tadi, kami semakin terpacu, meningkatkan kinerja, kualitas pariwisata yang lebih baik," kata Efriyanto.

Kunjungan langsung Wakil Walikota Zohirin Sayuti ke OPD - OPD ini memang telah diagendakannya untuk silahturrahmi sekaligus meninjau dan mendengar langsung aspirasi dan dinamika di lapangan. Sebelum kunjungan ke Disparpora, Zohirin Sayuti juga telah mengunjungi Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Kebudayaan, Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman (DKPBP) serta sejumlah OPD lainnya. (yud/ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update