Notification

×

Indeks Berita


Kota Sawahlunto Dapat Jatah 200 Unit Lampu Penerang Jalan Umum Tenaga Surya

Senin, 25 Februari 2019 | Februari 25, 2019 WIB Last Updated 2019-02-25T12:17:11Z
Wamen ESDM Archandra Tahae secara simbolis menyerahan lamputenaga surya kepada walikota Sawahlunto, Bupati Sijunjung dan [perwakilan Pemkab Agam (ris)
SAWAHLUNTO- PadangInfo.Com -  Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) menyerhkan sebanyak 200 unit lampu  tenaga surya untuk penerangan lampu jalan  di Kota Sawahlunto . Bantuan  ituserahkan Wamen  ESDM  Archandra Tahar dan secara simbois diterma Walikota Deri Asta, Minggu ( 24/2). Lampu tersebut dialokasi untuk 4 Kecamatan.

"Jadi lampu ini sekarang kami berikan kepada  pemko Sawahlunto untuk digunakan, dijaga dan dirawat. Untuk enam bulan ke depan, jika ada kerusakan, segera laporkan, karena itu masih dalam tanggung jawab kontraktor , “ujarnya .

Berbagai  tools (peralatan)  pada lampu tenaga surya tersebut juga digaransi. Seperti baterai  digaransi tiga tahun dan  panel surya - nya  selama 20 tahun .

Beroperasinya 200 unit lampu penerangan jalan umum bertenaga surya ini di Sawahlunto sangat bermanfaat dan membantu sekali, terutama untu peneragan jalan pada malam hari .

Deri Asta mengatakan , masih banyak kawasan pinggir jalan di 'Kota Arang', terutama di daerah pedesaan  belum terfasilitasi aliran listrik PLN sehingga suasana penerangan di kampung-kampung mengandalkan lampu rumah warga .

"Sementara, lampu jalan biasa(menggunakan tenaga listrik. Itu setiap tahun, kami bayar sekitar i dua miliar kepada PLN yang sumber dananya dari  APBD Sawahlunto. Angkaitu kami rasakan sangat besar, “ kata Deri, seraya menambahkan , kehadiran lampu tenaga surya ini sangat membantu sekali bagi  pemko dan masyarakat.

Deri juga  berharap  Kementerian ESDM  pada  tahun berikutnya dapat menambah volume , jumlah bantuan lampu tenaga surya yang diberikan.

" Jadi kalau  sekarang  kita dapat 200 unit, mungkin ke depan dapat sampai 500 unit," harap Deri.

200 unit lampu jalan tenaga surya  itu ditempatkan di 4 Kecamatan di 'Kota Arang' tersebut.  "Kita sebar pemasangan  di semua kecamatan. Prioritas adalah  jalan  di pedesaan yang ramai dilalui warga," kata Deri.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Sawahlunto, Adi Ikhtibar  mengatakan  lampu jalan tenaga surya tersebut sangat berarti bagi 'Kota Arang', sehingga untuk menjaga dan merawat aset tersebut menuntut keikutsertaan seluruh elemen.

"Semoga ketika kita mampu menjaga dan merawat dengan baik, itu menambah kepercayaan Pemerintah Pusat untuk menambah bantuannya pada kita," kata Adi, yang hadi pada peresmian itu

Makam Mahaputra Mohammad Seusai peresmian lampu jalan tenaga surya yang ditutup dengan peninjauan ke salah satu unit lampu tersebut, Wamen ESDM Archandra Tahar mengakhiri kunjungan kerjanya di Sawahlunto dengan berziarah ke Makam Mahaputra Mohammad Yamin

Pada  kekesempatan itu, Kepala Desa Bukik Gadang, Slamet menyebutkan bahwa pihaknya  dan masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pemerintah  karena lampu itu sangat  membantu sekali untuk penerangan jalan di desa . (ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update