Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Herman Nawas Gratiskan Biaya Kuliah bagi Generasi Muda Sawahlunto di UPI Padang

Senin, 17 Juni 2019 | Juni 17, 2019 WIB Last Updated 2019-06-17T10:36:41Z
Walikota Deri Asta bertemu dengan Herman Nawas, pemilik UPI Padang. Pertemuan  membahas masalah pendidikan  bagi generasi muda Sawahlunto itu dihadiri Darul Siska dan pemuka masyarakat di Rumdis Walikota, Minggu (ris)
SAWAHLUNTO- PadangInfo.com- Meski terkendala biaya disebabkan berasal dari keluarga kurang mampu, peluang terbuka bagi generasi muda tamatan  SMA/SMK/MA dari Kota Sawahlunto untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Putera Indonesia (UPI) Padang. Peluang ini diberikan langsung oleh pemilik UPI - YPTK Padang, Herman Nawas, agar pelajar tersebut difasilitasi untuk dapat kuliah secara gratis. Penerimaan mahasiswa  tentu melalui tes dan mematuhi ketentuan yang diberlakukan.

Peluang kuliah gratis di UPI bagi pelajar yang terkendala biaya ini disampaikan  Herman Nawas dalam pertemuan dengan Pemerintah Kota (Pemko) dan sejumlah tokoh masyarakat Kota Sawahlunto, di rumah dinas Walikota, Minggu 17 Juni 2019. Terlihat hadir politikus partai Golkar Darul Siska, yang juga lolos sebagai caleg DPR-RI dapil I Sumbar pada pemilu April lalu

"Saya membuka kesempatan selebar - lebarnya pada pelajar - pelajar kita di Sawahlunto ini untuk mengikuti perkuliahan di UPI, juga untuk yang terkendala biaya, karena orang tuanya kurang mampu, saya bisa memberikan kesempatan untuk kuliah gratis di UPI. Silahkan diurus, dikirimkan kelengkapan berkas pendaftarannya paling lambat Jum'at, 21 Juni 2019 nanti. Nanti akan kami uji, juga tes wawancara. Jika lulus, bisa kuliah gratis," kata Herman Nawas.

Herman Nawas, pemilik UPI yang  putra Silungkang itu menyebutkan , bahwa saat ini dari 3.000 mahasiswa  diantaranya 1.000 mahasiswa  mendapat beasiswa di UPI . Ini  disebabkan mereka berasal dari keluarga kurang mampu dan juga mahasiswa yang hafal Al-Quran (hafidz).

"Untuk mahasiswa dari Padang dan daerah lain saja telah kita berikan beasiswa. Sekarang untuk generasi penerus di kampung saya, di Sawahlunto tercinta ini saya berikan kesempatan untuk juga mendapatkan beasiswa dari UPI," ujar Herman Nawas.

Menindaklanjuti 'peluang dari Herman Nawas tersebut, Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto segera bergerak, untuk mengantarkan berkas kelengkapan pendaftaran ke UPI, akan dilakukan langsung oleh pihak Dinas Pendidikan tersebut.

"Kami akan membantu pelajar yang ingin mengikuti peluang kuliah gratis dari UPI ini. Jadi antarkan saja berkas kelengkapan pendaftaran ke Dinas Pendidikan. Nanti untuk mengantarkan ke Padang (ke pihak UPI - red), biar Dinas Pendidikan yang mengantar langsung," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Deswanda.

Berkas pendaftaran yang dibutuhkan untuk medaftar adalah ; Surat Keterangan Lulus dan nilai UNBK SMA/SMK/MA, kemudian Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa/Kelurahan, kemudian Fotocopy Kartu KTP pelajar bersangkutan dan Fotocopy Kartu Keluarga (KK) orangtua pelajar yang bersangkutan tersebut.

"Semua kelengkapan berkas kami terima itu paling lambat pada Kamis, 20 Juni 2019 nanti. Sebab akan kami antarkan berkasnya ke UPI pada Jum'at, 21 Juni 2019," kata Deswanda. (ris)
×
Berita Terbaru Update