Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

30 Peserta Konsultan Pendamping UMKM Ikuti Uji Kompetensi di Padang

Kamis, 04 Juli 2019 | Juli 04, 2019 WIB Last Updated 2019-07-04T14:54:32Z
30 Peserta konsultan pendampingi UMKM mengikuti uji kompetensi foto bersama dengan Asisten Deputi  Pendamping Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Eviyanti Nasution (mamn)
PADANG- Padanginfo.com -Guna mendukung dan memperkuat kemampuan serta peran pendamping UMKM ((Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) maka  perku dibangun sistem pengembangan sumber daya manusia pendamping secara terintegrasi dan berkelanjutan diantaranya dengan system serifikasi profesi kompetensi bagi konsultan UMKM di Indonesia.

Demikian dikatakan Asisten Deputi Pendampingan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Eviyanti Nasution, ketika membuaka Uji Kompetensi Konsultan Pendamping UMKM, di Hotel  Ibis  Padang, Kamis (4/7).

Uji kompetensi bagi konsultan pusat layanan usaha terpadu (Plut)  UMKM diikuti sebanyak  30 peserta dari tanggal 4 sampai 6 Juli. Pesertab erasal dari Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu. Kegiatan awalnya  dilaksanakan tahun 2018 di 32 provinsi di Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Jawa Timur. Sumatera Barat (Padang)  tahun ini merupakan kegiatan yang ke-8 setelah Makassar, Aceh, Surakarta, Bali, Palangkaraya, Bangka Belitung dan Riau. Sebanyak 161 konsultan telah mengantongi sertifikat kompeten.

Menurut Eviyanti, tujaun kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pendamping UMKM memlalui transformasi pengetahuan dan keterampilan yang didukung sikap kerja.

Selain itu juga menigkatkan kinerja berdasarkan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) bidanng pendamping UMKM dan mengantarkan pendamping untuk mendapatkab sertifikat kompetensi teknis..
“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan penghargaan terhadap eksistensi pendamping sehingga mampu member i layanan  optimal bagi pengembangan K UMKM, “ ujar Eviyanti.

Dibagian lain Kepala Dinas Koperasi  dan UKM Sumbar  Zirma Yusri mengatakan, Sumatera Barat didominasi  oleh usaha mikro dan kecil dalam artikata perekonomiannya ditopang dengan usaha mikro dan kecil tersebut. Dominasi ini dari jumlah UMKM di daerah ini sebanyak 593.100 UMKM, terdiri dari usaha kecil, usaha menengah dan usaha besar.

Untuk itu, katanya, beruntung bagi  peserta dari Limapuluh Kota, Sumatera Barat yang mengikuti uji kompetensi ini  karena masih langka konsultan ditengah menjamur UMKM di  Sumatera Barat.

“Kepada semua peserta uji kompetensi  saya minta guna kesempatan ini  dengan tekun untuk meningkatkan SDM dibidang UMKM,” ujar Zirma Yusri (maman)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update