Notification

×

Indeks Berita

Makanan Khas Nagari Bakal Disajikan Untuk Tamu Pemko Sawahlunto

Rabu, 21 Agustus 2019 | Agustus 21, 2019 WIB Last Updated 2019-08-21T12:00:21Z

Deri Asta tengah mencicipi salah satu makanan khas Sawahlunto (ris) 
SAWAHLUNTO - PadangInfocom-  makanan khas nagari bakal untuk disuguhkan kepada para tamu di rumah dinas Walikota. Ini  merupakan tindak lanjut, setelah Walikota Deri Asta disuguhkan makanan khas nagari seusai membuka kegiatan Penguatan Kelembagaan Adat Bagi Bundo Kanduang se - Kota Sawahlunto, Senin 19 Agustus 2019 di GPK.

"Makanan khas nagari ini adalah salah satu kekayaan budaya kuliner kita yang sangat berharga. Maka harus diperhatikan dan dilestarikan. Salah satunya kita akan memasukkan sajian makanan khas nagari ini dalam menu makanan yang bisa disuguhkan pada para tamu ," ujar Deri.

Deri juga mengajak plembaga atau pihak terkai melakukan koordinasikan dengan ibu - ibu bundo kanduang jika ada pesanan makanan khas daerah ini.

"Kita berharap ini segera terealisasi dalam waktu dekat," sebut Walikota Deri Asta, yang didampingi Ketua Umum Bundo Kanduang Sumatera Barat, Puti Reno Raudah Thaib dan Ketua TP - PKK Kota Sawahlunto, Ny. Yossi Deri Asta.

Selain menjadi langkah melestarikan makanan - makanan khas nagari, juga menjadi strategi promosi makanan lokal Sawahlunto kepada para tamu, termasuk juga kepada turis mancanegara dan lokal yang berkunjung ke daerah ini

"Kita juga ingin menunjukkan, selain wisata rekreasi, sejarah dan budaya, Sawahlunto juga punya wisata kuliner yang tidak kalah hebat dan menarik. Makanan khas nagari inilah salah satunya, selain enak dan sehat juga mempunyai kandungan sejarah dan budaya yang istimewa," ujar Deri.

Ketua Bundo Kanduang Sawahlunto, Nuryanis mengatakan sangat mengapresiasi pernyataan Walikota Deri. Ia beserta jajaran bundo kanduang lainnya siap berkontribusi untuk memasak makanan khas nagari yang bakal disajikan ke rumah dinas Walikota tersebut.

"Kita bersyukur dan senang, ada respon dan sambutan yang sangat baik dari Pemerintah Kota terkhusus langsung dari pak Walikota. Semoga dengan langkah itu, juga bisa membangkitkan minat masyarakat dan generasi muda untuk makan maupun memasak dengan menu makanan khas nagari tersebut, sebab kalau tidak tentu nanti bisa hilang karena tidak ada lagi yang pandai memasaknya," ungkap Nurjanis.

Dari data yang diperoleh , jenis - jenis makanan khas nagari yang disuguhkan adalah randang boluik dan lomang tungkek (Nagari Talawi), gulai ayam talanjao (Nagari Sijantang), asam podeh ayam kampuang dan pinyaram putiah (Nagari Kolok), udang kosambi dan sambore (Nagari Talago Gunuang), ubek baghayam dan paniaran (Nagari Lumindai), samba badotiek dan bubua putieh (Nagari Kajai), pongek lapuak ayam kampuang (Nagari Lunto), ayam bungo jua dan inai - inai, godok - godok serta kue mangkuak pisang (Nagari Kubang), kone - kone dan konji (Nagari Silungkang) serta ayam simauang dan atun (Nagari Tak Boncah). (yd/ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update