Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Dua Asisten Deputi Kementerian Akan Tuntaskan 17 Rencana Aksi Warisan Tambang Batubara

Senin, 11 November 2019 | November 11, 2019 WIB Last Updated 2019-11-11T11:05:45Z
Rapat Koordinasi WTBOS  bersama Walikota,  2 Asisten Deputi, PTBA, BDTBT dan instansi terkait lainnya, Senin (11 /11) di Ruang Rapat PTBA UPO.(ris)
SAWAHLUNTO- padanginfo.com-Drs.Pamuji Lestari Asisten Deputi Warisan Budaya dan Alfredo Asisten Deputi Kepemudaan dari Kementrian Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan berjanji akan menuntaskan  'PR'  17 Rencana Aksi Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) secepatnya. pada rapat di tingkat pemerintah pusat

Janji tersebut disebutkannya dalam Rapat Koordinasi WTBOS  bersama Walikota, PTBA, BDTBT dan instansi terkait lainnya pada senin (11 /11) di Ruang Rapat PTBA UPO.

Dalam rapat tersebut Walikota Deri Asta meminta WTBOS diusulkan menjadi Kawasan Strategis Nasional (KSN), dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sehingga pariwisata Sawahlunto dan Sumbar mendapat perhatian besar dari Pemerintah Pusat.

Walikota juga meminta Kemenko PMK  berkoordinasi dengan perwakilan UNESCO di Jakarta guna melakukan kajian secara komprehensif terkait manajemen aset WTBOS.

Merealisasikan 17  Rencana Aksi yang direkomendasikan ICOMOS (lembaga Internasional yang dibentuk UNESCO untuk urusan Warisan Budaya Dunia) , Pemko juga meminta Deputi untuk mendorong Pemerintah Provinsi untyk segera menyusun dan mengusulkan pembentukan Tim Koordinasi Pengelola WTBOS  yang meliputi 7 Kabupaten Kota melalui SK Gubernur Sumatera Barat.

"Rekomendasi dari lembaga Internasional ini harus sudah terlaksana paling lambat 1 Desember 2021" ujar Walikota.

Deri Asta mengatakan PR ini berat dan tidak bisa diselesaikan oleh Sawahlunto saja. Jika tidak selesai hingga waktu yang ditetapkan oleh ICOMOS, maka status Warisan Dunia yang telah kita dapat bisa terancam dicabut kembali.

Kehadiran 2  Asisten Deputi beserta 30 orang rombongan, termasuk  penggiat media sosial merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Pusat untuk  mempromosikan WTBOS.  (Ern/Ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update