Notification

×

Indeks Berita

Peduli Anak, Perusahaan di Sawahlunto Bentuk APSAI

Rabu, 26 Februari 2020 | Februari 26, 2020 WIB Last Updated 2020-02-26T02:50:39Z

padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Perhatian untuk anak-anak Kota Sawahlunto tak hanya dari pemerintah kota saja. Namun juga dari berbagai perusahaan yang beroperasi di 'Kota Arang' itu.

Perhatian itu diwujudkan dengan pembentukkan wadah Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI). APSAI merupakan lembaga independen yang menjembatani perusahaan-perusahaan dalam membantu dan memenuhi hak-hak anak. APSAI akan mendampingi, membantu, serta memberikan penghargaan kepada perusahaan yang memiliki kebijakan, program maupun produk yang layak anak.

Pembentukan APSAI di Sawahlunto inilah yang menjadi salah satu tema pembahasan dalam audiensi Forum Anak Kota Arang (FAKA) dengan Walikota Deri Asta, Selasa (25/3).

Selain membahas APSAI, dalam dialog yang akrab tersebut FAKA juga menyampaikan berbagai pertanyaan dan usulan pada Walikota. Sejumlah usulan, seperti saran untuk diadakannya Musrenbang anak Sawahlunto, pembentukan Satgas anak di sekolah-sekolah serta kegiatan untuk peringatan Hari Anak di 'Kota Arang'.

Dalam kesempatan berdiskusi hampir satu jam bersama para perwakilan anak Sawahlunto tersebut, Walikota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi peran dan fungsi FAKA. Wako juga menyatakan bahwa Pemko terus memberikan perhatian dan dukungan pada program dan kegiatan pro-anak.

"Perhatian khusus terhadap anak-anak dan mewujudkan pendidikan berkualitas masuk dalam Visi dan Misi Walikota - Wakil Walikota yang juga sudah diterjemahkan Organisasi Perangkat Daerah melalui Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah," jelasnya.

Terkait pembentukan APSAI, sebut wako, pihaknya juga akan bantu memfasilitasi dengan memberitahukan kepada perusahaan-perusahaan lokal di Sawahlunto. "Setelah itu nanti baru tim FAKA yang turun langsung sosialisasi mengajak perusahaan itu untuk bergabung ke APSAI," ujar Deri Asta.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD - PPA) Dedi Syahendry, menjelaskan APSAI merupakan lembaga independen yang menjembatani perusahaan-perusahaan dalam membantu dan memenuhi hak-hak anak. APSAI akan mendampingi, membantu, serta memberikan penghargaan kepada perusahaan yang memiliki kebijakan, program maupun produk yang layak anak.

"Keberadaan APSAI di suatu kota ini membantu pula dalam meningkatkan poin dalam penilaian Kota Layak Anak (KLA). Sehingga, jika kita berhasil membentuk APSAI di Sawahlunto, selain manfaat untuk anak - anak kita berharap turut mendorong Sawahlunto memperoleh Kota Layak Anak dengan predikat utama," tutur Dedi Syahendry, yang dalam mendampingi audiensi FAKA ini bersama Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinsos PMD - PPA, Silvi Andriani.

Anak-anak FAKA yang mendapat kesempatan beraudiensi dengan Walikota tersebut mengaku sangat senang dan bangga. Mereka juga berharap agar momen diskusi dengan Walikota dapat kembali diulangi sehingga lebih banyak saran yang bisa diusulkan dan komunikasi antar pimpinan Pemko dengan anak juga lebih akrab terjalin.

Ketua FAKA Sawahlunto, Ilham Ronaldi menyebutkan bahwa dirinya bersama teman - teman terkesan Walikota Deri Asta sangat ramah dan menerima semua pertanyaan serta usulan yang diajukan dengan baik.

"Senang ya, pak Walikota memperhatikan dengan antusias apa - apa yang kami sampaikan. Padahal kan kami terkadang bahasa penyampaiannya masih kurang tersusun rapi, tapi beliau cepat langsung bisa memahami maksud pembicaraan kami," tuturnya.(riswan idris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update