Notification

×

Indeks Berita

Pj. Walikota Payakumbuh Jasman Dikabarkan Maju di Pilkada Pesisir Selatan 2024, Ini Tanggapannya

Senin, 22 April 2024 | April 22, 2024 WIB Last Updated 2024-04-22T10:38:14Z
 Jasman Dt. Bandaro Bendang


padanginfo.com- PAYAKUMBUH- Pj Wali Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Drs. Jasman Rizal, M.M, Datuak Bandaro Bendang, dikabarkan bakal maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Pesisir Selatan. 

Terkait hal itu, Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman Rizal yang juga Sekum LKAAM Sumatera Barat ini mengatakan, dirinya sangat menghargai bentuk isu serta bentuk dukungan yang mengatasnamakan dirinya maju pada Pilkada 2024 di Pessel. 

"Ya, memang ada isu saya maju Pilkada 2024 Pessel beredar, dan saya sangat menghargainya dan menghaturkan terima kasih yang luar biasa" kata Jasman Rizal usai menghadiri acara memperingati Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke-76 di Gedung PCC Painan, Senin (22/4/2024). 

Diketahui, informasi tersebut beredar dibeberapa platform media sosial seperti di Facebook, Instagram, Tiktok dan beberapa grup-grup WhatsApp yang ada terkait kedaerahan Pesisir Selatan. 

Dimana dibeberapa media sosial itu, Pj Wali Kota Payakumbuh, Drs. Jasman, MM diinformasikan bakal maju pada pertarungan Pilkada 2024. 

Bahkan, di grup media sosial Facebook "Memprediksi Bupati dan Calon Bupati Pessel 2024" Jasman Dt. Bandaro Bendang anak rang Palangai Balai Selasa ini disebut-diaebut sebagai salah satu calon kuat yang bakal bertarung pada Pilkada 2024 Pessel. 

Kemudian, dari info yang beredar ditengah-tengah masyarakat,  bahwa Jasman yang menghabiskan masa kecilnya di Inderapura ini sudah banyak mendapatkan dukungan dari berbagai tokoh dan unsur ninik mamak yang ada di Pesisir Selatan. 

Menurut Jasman, sebagai putra daerah yang berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan, wajar saja dirinya diisukan maju sebagai calon Kepala Daerah pada Pilkada nanti. 

Namun, ucapan dia, untuk saat ini dirinya masih fokus menjalankan amanah yang dipercayakan kepada dirinya sebagai Pj Wali Kota Payakumbuh oleh Mendagri. 

"Ya, untuk saat ini saya fokus menjalankan amanah sebagai Wali Kota Payakumbuh, dan menjalankan berbagai program sebagaimana yang ditugaskan oleh pimpinan dengan sebaik-baiknya, "sebut Jasman. 

Kemudian, ketika ditanyai wartawan soal jika ada pinangan dari salah satu calon pada Pilkada nanti, ia menegaskan bahwa untuk saat ini dirinya belum bisa menjawabnya. Karena, ini diluar kontek dan diluar ekspektasinya selama ini. 

Sebab lanjut Jasman, dirinya tetap akan fokus menjalankan amanah dan kepercayaan Presiden melalui Mendagri dalam menjalankan roda pemerintahan sebagai pejabat Wali Kota Payakumbuh. 

"Intinya saya tetap menghargai serta mengucapkan terimakasih atas pendapat dan isu yang beredar itu. Bagaimana nantinya, kita jalani seperti air mengalir saja, pokoknya sekarang saya fokus menjalankan tugas saya di pemerintah daerah dengan seikhlas-ikhlasnya dan sebaik-baiknya," tutup Jasman Rizal. 

Sebagaimana diketahui, Drs. Jasman, M.M gelar Datuak Bandaro Bendang atau juga dikenal dengan nama Jasman Rizal, dia lahir pada 1 Januari 1968 di Payakumbuh. 

Jasman Rizal merupakan keluarga yang bersuku Kampai Bendang dan dia merupakan putra dari Utih Rizal Sutan Sati. Jasman menghabiskan masa kecil dan remajanya di Kabupaten Pesisir Selatan. 

Ia mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) Inpres No10/73 Indrapura, Pesisir Selatan, dan tamat pada tahun 1981, untuk SMP Jasman bersekolah di SMP Negeri 1 Balai Selasa dan tamat pada 1987. Setamat di SMP, ia melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 1 Ranah Pesisir, tamat pada 1987. 

Seterusnya, Jasman melanjutkan pendidikannya di D3 di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Bukittinggi, S1/Sarjana Lengkap di Jurusan Politik Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta (1995), dan S2/Magister Manajemen di Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. 

Untuk jenjang karir, sebelum menjabat sebagai Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman sebelumnya menjabat Staf Ahli Gubernur Sumatera Barat Bidang Hukum, Politik dan Pemerintah sejak 3 Januari 2023. 

Ia pernah menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat sejak 2020 hingga 2023, dan Penjabat Sementara Bupati Solok Selatan saat pemilihan umum Bupati Solok Selatan 2020. 

Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat sejak 2017 hingga 2020. Pada 2020, Jasman dikenal karena perannya sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Barat.

Selanjutnya, ia memiliki gelar adat Datuak Bandaro Bendang dari Kaum Kampai Nan 12 di Bauah Nagari Pasia Talang, Sungai Pagu, Solok Selatan pada 28 November 2020. 

Kemudian, Jasman juga berkarier di beberapa instansi kabupaten/kota seperti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok sejak 2010 hingga 2013, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Solok sejak 2008 hingga 2010. 

Tidak hanya meniti karir di birokrasi, Jasman Rizal juga aktif dalam organisasi kemasyarakatan seperti Sekretaris Umum Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat periode 2022–2026, Ketua Forum Niniak Mamak Banda Sapuluah dan Sungai Pagu, serta Ketua IV PD III FKPPI Sumbar. 

Selain itu, Jasman juga pernah mengajar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Bukittinggi dan beberapa perguruan tinggi lainnya. Mata kuliah yang pernah diampu yaitu etika pemerintah, dasar-dasar ilmu politik, manajemen pemerintah, pelayanan publik, SMP-SOP, dan wawasan kebangsaan.(Ab).

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update