Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masuk Kota Sawahlunto Suhu Tubuh Diperiksa

Jumat, 27 Maret 2020 | Maret 27, 2020 WIB Last Updated 2020-03-27T04:06:11Z
padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Upaya pencegahan penyebaran virus Corona (COVID - 19), Pemerintah Kota Sawahlunto mulai Jum'at (27/03/2020) melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan desinfektan terhadap warga yang akan masuk ke Kota Sawahlunto.

Pos pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan desinfektan bagi warga dari luar Sawahlunto ini didirikan di perbatasan dengan Kabupaten Tanah Datar, Kota Solok dan Kabupaten Sijunjung.

Tindakan ini dilaksanakan oleh tim satuan tugas yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD dan didukung oleh unsur TNI - Polri.

Walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan bahwa segala upaya pencegahan kini dilakukan semaksimal mungkin oleh Pemko. Tentunya upaya-upaya ini baru bisa sukses dilaksanakan jika didukung penuh pula oleh masyarakat.

"Ini membutuhkan kerjasama kita semua. Apa yang bisa dikerjakan Pemko kami kerjakan semaksimal mungkin. Masyarakat juga punya peran dan ada yang bisa dikerjakan dari rumah yakni menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan, maka kami himbau sekali lagi kepada masyarakat untuk ikut meningkatkan upaya pencegahan ini," kata Deri Asta.

Selain menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan, Deri Asta juga mengajak masyarakat untuk menjaga jarak dan kontak fisik. Sebisa mungkin, jika tanpa urusan mendesak dan prioritas utama maka sebaiknya cukup berakvifitas di rumah.

Sebelumnya dari beberapa hari yang lalu, destinasi-destinasi wisata di Sawahlunto juga resmi ditutup untuk menghindari mengumpulnya massa dan datangnya pengunjung dari luar Sawahlunto.

Sekolah-sekolah  juga sudah diliburkan. Sementara, untuk kebijakan Work From Home (WFH) atau sistem bekerja dari rumah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), saat ini sedang kembali dibahas dalam rapat terkait.

Sementara, untuk kebijakan terkait anggaran, Pemko Sawahlunto sedang menyiapkan anggaran sebanyak Rp 9 Miliar lebih untuk penanganan Corona ini. Sejumlah Rp 473 Juta sudah dicairkan kemaren (Kamis 26 Maret 2020) untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APBD) dan perlengkapan lainnya untuk tenaga kesehatan/medis, juga penambahan pembelian desinfektan dan hand sanitizer oleh BPBD.

Wako juga mengingatkan warga tidak percaya pada isu atau berita yang tidak jelas sumbernya."Saat ini banyak isu simpang siur yang beredar di media sosial. Isu - isu ini dominan menimbulkan keresahan dan kepanikan. Maka, mohon sikapi dengan bijak.

"Update informasi resmi perkembangan Corona di Sawahlunto kami sampaikan secara satu pintu melalui Dinas Kesehatan, yang nanti akan dipublikasikan melalui rilis Humas dan update postingan di akun Facebook dan Instagram saya," ujarnya.

Sampai Kamis malam tadi, tidak ada warga Sawahlunto yang dinyatakan terpapar virust Corona.(ris)

×
Berita Terbaru Update