Notification

×

Indeks Berita

Tersebab Virus Corona, Sejumlah Agenda UAS di Sumbar Dibatalkan

Selasa, 17 Maret 2020 | Maret 17, 2020 WIB Last Updated 2020-03-17T04:06:52Z

padanginfo.com - PADANG - Merebaknya virus Corona juga menyebabkan sejumlah agenda tablig akbar Ustad Abdul Somad di Sumbar tidak jadi terlaksana. Setidaknya di tiga daerah sudah ada pernyataan resmi pembatalannya. Yakni di Padangpanjang, Tanahdatar dan Kabupaten Solok.

Semula Rabu (18/3/2020) UAS dijadualkan ke Padangpanjang. Ia hadir dan akan memberikan tausiah Peringatan Isra' Mi'raj di Padangpanjang.

Dalam keterangan resminya Wakil Walikota Padangpanjang Drs Asrul, menyebutkan  bahwa kedatangan UAS peringatan Isra' Mi'raj ditunda untuk sementara waktu. Pembatalan disampaikan langsung oleh pihak UAS.

Pada jadwal yang sudah ditentukan, UAS akan mengisi agenda Tabligh Akbar dalam rangka memperingati hari Isra' Mi'raj yang dilaksanakan Pemko Padangpanjang. "Kedatangan UAS dibatalkan," ujar Asrul, Senin (16/3/2020).

Asrul menyebutkan merebaknya virus Corona serta himbauan pemerintah pusat untuk mengurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang menjadi salah satu alasan pembatalan kedatangan UAS tersebut.

"Dari pihak UAS juga sudah mengonfirmasi bahwa agenda beliau mulai 16 Maret 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan, tidak ada kegiatan," ujar Asrul.

Pelaksanaan Tabligh Akbar Ustad Abdul Somad (UAS) di lapangan bolakaki Koto Tuo Nagari Sulit Air Kabupaten Solok juga dibatalkan.

Selain Tabligh Akbar, semula dijadwalkan Selasa (17/03/2020) ini dilakukan peletakan batu pertama pembangunan kembali Masjid Raya Sulit Air yang akan dihadiri oleh Wagub Sumbar H Nasrul Abit, Bupati Solok H. Gusmal dan tokoh SAS dan kegiatan ini dipusatkan di Masjid Darul Mutaqin, Koto Tuo.

Pembatalan ini disampaikan oleh Ketua Palanta Dakwah yang meneruskan video kiriman dari UAS. Dalam Video tersebut beliau meminta maaf kepada seluruh masyarakat Sulit Air, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 ini.

Wali nagari Sulit Air Hj Alex Suryani SPd sebagaimana dilansir suhanews.co.id, menyampaikan permintaan maaf atas pembatalan Tabligh Akbar. Untuk kegiatan lain seperti peletakkan batu pertama untuk Masjid Raya dan masjid Darul Muttaqin tetap dilaksanakan, dikarenakan perantau sudah banyak datang dan juga mendapatkan izin dari Kapolda

Pembatalan kedatangan UAS juga disampaikan pihak Pemkab Tanah Datar.

Rencananya Tablig Akbar yang akan diisi Ustaz Abdul Somad (UAS) di Lapangan Bola Kaki Supanjang, Nagari Cubadak, Kecamatan Limo Kaum, Tanah datar, pada Rabu (18/3/2020). Tetapi batal dilaksanakan.

"Hal ini sesuai dengan permintaan ustad Abdul Somad dan Tim Manajer, yang mana kegiatan tersebut ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan," jelas Kabag Kesra Setdakab Tanah Datar, Afrizon SAg, Senin (16/3).

Tabligh Akbar tersebut seyogyanya akan digelar bekerja sama dengan Pemerintahan Nagari Cubadak untuk memeriahkan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhamad SAW 1441 Hijriah.

“Meski ditunda, kami mendoakan semoga Ustadz Abdul Somad selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT,” tutur Afrizon..(*/afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update