Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Dua Warga Pasaman Barat Positif Covid-19

Senin, 13 April 2020 | April 13, 2020 WIB Last Updated 2020-04-13T05:28:36Z
Bupati Pasaman Barat Yusuf Lubis saat memberikan keterangan soal warganya yang positif covid-19. (f:diskominfo pasbar).
padanginfo.com - PASAMAN - Hingga awal pekan ini, setidaknya tercatat dua orang warga Pasaman Barat yang positif terpapar virus corona. Keduanya kini tengah dalam pengawasan pihak medis.

Bupati Pasaman Barat Yusuf Lubis dalam jumpa pers bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Kabupaten Pasaman yang disiarkan melalui video oleh Diskominfo Pasaman, Minggu (12/4/2020), menyebutkan seorang warga yang dinyatakan positif corona itu baru pulang dari Malaysia itu.

Pasien baru yang dinyatakan Positif Covid-19, berinisial ‘R’ (35 th) laki-laki, warga Kampung Koto, Jorong Simpang Tiga Timur, Nagari Simpang, Kecamatan Simpang Alahan Mati (Simpati) Kabupaten Pasaman.

Awalnya yang bersangkutan tak memiliki gejala sakit. Namun hasil sampel swab-nya dinyatakan positif.

R memiliki riwayat perjalanan pulang dari Malaysia dan sampai di kampung halamannya Simpati pada 17 Maret 2020.

Namun, jelas bupati, R memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19 berinisial Y yang juga warga Kecamatan Simpati, Pasaman. Y sejak 31 Maret 2020 dirawat di ruang isolasi RS Ahmad Mukhtar Bukittinggi.

Pasca-Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Y dinyatakan positif terinfeksi virus corona hasil lab FK Unand tgl 4 April lalu, tim medis Gugus Tugas Kabupaten Pasaman turun ke Kecamatan Simpati pada 7 April 2020. Tim melakukan rapid test terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan pasien Y.

Dari 30 orang yang menjalani rapid test hari Selasa itu, diperoleh hasil satu orang berinisial R terindikasi positif Covid-19.

Pada 9 April 2020, OTG R dibawa ke RSUD Lubuksikaping. Dan hari itu juga, sample cairan hidung dan tenggorokan R langsung dibawa ke laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang.

“Sabtu 11 April 2020, hasil SWAB labor Fakultas Kedokteran Unand telah kita terima. Hasilnya, R dinyatakan positif Covid-19,” kata Bupati Yusuf Lubis.

Selain dua orang tersebut, seorang warga Katimahar, Kecamatan Panti, Pasaman meninggal dunia pada dinihari Sabtu (11/4/2020). Namun hasil pemeriksaan labor pasien wanita dengan status PDP tersebut, belum keluar. (*/afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update