Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Sumbar Usulkan Pelaksanaan MTQ Nasional ke 28 Ditunda

Minggu, 12 April 2020 | April 12, 2020 WIB Last Updated 2020-04-12T05:48:08Z
padanginfo.com - PADANG - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno akan mengusulkan ke Menteri Agama untuk menunda pelaksanaan MTQ Nasional. Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke 28 ini semula akan dilaksanakan pada tanggal 22–29 Agustus 2020, diundur menjadi November.

Hal ini disampaikan Gubernur dalam rapat bersama Wakil Gubernur, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Ketua LPTQ dan Instansi terkait, di Aula Kantor Gubernur, Sabtu (11/04/2020).

“Kita akan mengusulkan ke Menteri Agama untuk menunda pelaksanaan MTQ Nasional ini di bulan november. Untuk tanggal pelaksanaannya kita serahkan ke Menteri Agama,” ungkap Irwan Prayitno.

Disebutkan, kemungkinan besar MTQ Nasional ke XXVIII tahun 2020 dibulan Agustus tidak terlaksana, bukan berarti terjadi pembatalan akan tetapi diundur pada bulan November. Karena pemerintah fokus dalam pencegahan dan penanggulangan Penyebaran Covid-19 masuk dalam wilayah Sumbar.

"Semua ini tergantung pusat apabila disetujui, kita akan persiapkan semua. Mudah-mudahan wabah Covid-19 segera habis dan kita bisa melaksanakan event ini," harap Irwan Prayitno.

Dalam rapat tersebut gubernur sampaikan, terkait anggaran MTQ Nasional, pemprov Sumbar akan mengajukan kembali anggaran perubahan atau atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2020. Sebab anggaran sebelumnya telah diperggunakan untuk antisipasi pencegahan Covid-19.

"Kalau tetap diadakan di tahun 2021 akan terjadi masalah anggaran, seolah-olah Sumbar tidak siap dalam pelaksanaan MTQ ini. Tapi kalau sekiranya seluruh Indonesia belum siap untuk menganggarkan, kita tunggu biar Menteri yang memutuskan," jelasnya.

Diakui gubernur anggaran APBD Sumatera Barat saat ini terserap untuk penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Ada sebagian dana yang sudah dianggarkan untuk pelaksanaan MTQ tersedot untuk penanganan covid-19. Kemungkinan besar pelaksanaan di bulan Agustus akan ditunda

“Dana yang sudah dianggarkan untuk penanganan covid diupayakan tidak diambil dari anggaran MTQ, jika harus dipotong tetap disisakan. Jika pelaksanaan disetujui Menag bulan November bisa ditambah dari anggaran perubahan,” tegas gubernur diikuti Wakil Gubernur Nasrul Abit.

Namun gubernur berharap persiapan lain yang tidak terganggu oleh wabah covid tetap dilaksanakan termasuk pembinaan terhadap qoria qoriah ini, tidak ada masalah, pesan gubernur.

“MTQ ini harus tetap berjalan dan terlaksana. MTQ ini marwah kita, harga diri kita jika perlu gaji 13 ditunda pembayarannya ke 2021,” ungkap gubernur optimis.

Gubernur Sumbar bersama wagub mengusulkan pembukaan MTQ Nasional disederhanakan dari rencana semula. “Kita bisa mengurangi kemewahan saat pembukaan, akali bagaimana caranya. Faktanya kita dalam kondisi covid, MTQ diundur dari Agustus, fleksibel saja,” tukas Irwan pula.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update