Notification

×

Indeks Berita

Tiga Pekerja Perusahaan PT Pelindo Cabang Padang Positif Covid-19

Sabtu, 09 Mei 2020 | Mei 09, 2020 WIB Last Updated 2020-05-09T06:19:29Z
Swab Test yang dilakukan terhadap pekerja perusahaan PT Pelindo Cabang Padang, Senin (4/5/) lalu.
padanginfo.com - PADANG – Tiga orang pekerja perusahaan di lingkungan PT Pelindo II cabang Teluk Bayur dinyatakan positif Covid-19. Kepastian itu terungkap dari hasil swab test di Laboratorium  FK Unand.

Keterangan Humas IPC Teluk Bayur Padang, Kiagus Muhammad Budi, Sabtu (9/5) menyatakan, saat ini ketiga pekerja tersebut telah diisolasi di RSUD Dr Rasidin Padang untuk mendapatkan penanganan pengobatan lebih lanjut.

Disebutkan beberapa langkah yang telah dilakukan oleh Manajemen IPC Teluk Bayur dalam menyikapi adanya pekerja yang telah dinyatakan positif Covid 19. Antara lain melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh area kerja perusahaan baik di bagian operasional maupun gedung kantor cabang, termasuk seluruh rumah dinas yg ditempati oleh manajemen perusahaan.

“Melakukan survey pemetaan kontak terdekat para pekerja yg telah dinyatakan positif Covid 19, khususnya dlm berinteraksi keseharian baik secara internal dan eksternal,” sebut Kiagus dalam keterangan tertulis.

Kemudian menerapkan pola Work From Home (WFH) masing-masing  kepada seluruh pekerja baik pekerja organik maupun non organik terutama pada pekerja administrasi (back office) secara bergantian untuk meminimalisir adanya kerumunan.

Kegiatan operasional, jelasnya, baik pelayanan kapal maupun pelayanan bongkar muat barang tetap berjalan sebagaimana biasanya selama 24 jam selama 7 hari. Namun dengan pemeriksaan kesehatan yang lebih ketat seperti pemeriksaan suhu tubuh sblm dan sesudah bekerja serta mewajibkan penggunaan masker dan APD bagi seluruh petugas operasional lapangan.

Selain itu, sebutnya, akan dilakukan rapid test kembali kepada seluruh pekerja perusahaan yg direncanakan akan dilaksanakan pada pertengah Mei 2020 sebagai bentuk screening  sekaligus upaya pencegahan dalam memutus mata rantai Covid 19 di lingkungan Pelabuhan Teluk Bayur.

Sebelumnya, sebanyak 123 orang karyawan PT Pelabuhan Indonesia II/IPC Cabang Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat melaksanakan kegiatan rapid test atau tes cepat terdiri dari unsur manajemen dan pekerja perusahaan.

"Kegiatan rapid test diselenggarakan sebagai bentuk keseriusan perusahaan dalam upaya memutus mata rantai persebaran COVID-19 yang saat ini sudah ditetapkan sebagai pandemi global oleh organisasi kesehatan dunia WHO," kata General Manager IPC Teluk Bayur, Wardoyo di Padang, Senin (4/5/2020).

Rapid tes diikuti 123 pekerja IPC Teluk Bayur pada tahap pertama mulai dari unsur manajemen hinga seluruh pekerja perusahaan termasuk pekerja non organik. Tes ini juga diikuti oleh seluruh pekerja dari Anak Perusahaan yang ada di Pelabuhan Teluk Bayur lainnya yakni dari PT IPC Terminal Petikemas dan PT PTP Multipurpose.(*/afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update