Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Agar Data Valid, TOT Aplikasi Desa Melawan Covid

Kamis, 04 Juni 2020 | Juni 04, 2020 WIB Last Updated 2020-06-04T07:15:16Z
 Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM. (tengah)
padanginfo.com-PADANG-Agar data penanganan pandemi Covid-19 valid dan update di tingkat nagari dan desa, pemerintah melalui Sekretariat Kantor Wakil Presiden dan Kementrian Desa PDTT, meluncurkan aplikasi Desa Melawan Covid-19 (DMC).

Menurut Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM., dengan aplikasi DMC akan membantu Tim Relawan Desa atau Gugus Tugas dalam pendataan, penanganan dan pencegahan Covid-19. Sehingga dalam menyusun rencana aksi dapat tepat sasaran berdasarkan data yang sebenarnya.

"Kita bisa mendapatkan data real-time tentang penanganan Covid-19 di desa atau nagari melalui aplikasi DMC, dapat dipantau langsung dari pusat," kata Kadis Syafrizal Ucok, saat membuka Training of Trainer (TOT) Aplikasi DMC, Kamis (4/6) melalui  aplikasi zoom.

Jika aplikasi DMC ini bisa digunakan segera, maka kegaduhan data dalam pemberian bantuan sosial seperti saat Covid-19 ini, dapat diatasi. "Sangat kita sayangkan, banyak Wali Nagari yang kerepotan saat menyalurkan Bansos, sampai-sampai ada Kantor Wali Nagari yang digembok. Intinya adalah bersumber dari kesalahan data," kata Syafrizal Ucok, yang didampingi oleh Kabid UEM TTG Desrianto Boy, S.Pd.,M.Pd dan Korprov Pendamping Profesional Dana Desa Ir. Feri Irawan, M.Si.

Pelaksanaan TOT aplikasi DMC berlangsung selama dua hari, Rabu hingga Kamis (4/6), diikuti utusan Dinas PMD Kab/Kota se-Sumbar dan Tenaga Ahli TTG atau PMD P3MD se Sumbar. Nara sumber adalah Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM., Kabid UEM TTG Desrianto Boy, S.Pd.,M.Pd., Bayu Budi Andian, Ismail A. Zainuri dan moderator Tenaga Ahli Profesional Usman. (*/ak)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update