Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Dengan Shalat Jumat, Masjid Raya Sumbar Kembali Dibuka

Kamis, 18 Juni 2020 | Juni 18, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T08:33:46Z
padanginfo.com - PADANG – Diawali dengan pelaksanaan shalat Jumat (19/6/2020), Masjid Raya Sumbar kembali dibuka. Masjid sempat ditutup selama tiga bulan tersebab covid-19.

Pada pelaksanaan shalat Jumat perdana ini, Gubernur Irwan Prayitno dijadwalkan akan jadi khatib.

Sepanjang Kamis (18/6/2020), dilakukan persiapan. Diantaranya dilakukan penyemprotan cairan disinsefektan di sekitar masjid pada lantai satu  dan dua oleh petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang.

"Penyemprotan dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan shalat Jumat. Pengurus juga sudah memberikan tanda jarak di lantai agar saf jemaah berjarak saat salat," jelas Sekretaris Pengurus Masjid Raya Sumbar Elsanra Ekaputra.

Pihak masjid  juga menyiapkan wastafel, penggunaanya ada pakai sensor dan ada yang pakai kaki. "Jadi tidak disentuh, semuanya kita sediakan sembilan unit,” katanya.

Pada tahap awal ini salat hanya dilaksanakan pada lantai satu saja. Sebab di lantai dua yang biasa dipakai terpasang karpet yang sulit jika dibongkar.

"Kalau seandainya jemaah melimpah maka dapat digunakan bagian luar ruangan. Lantai dua juga bisa digunakan tetapi hanya bagian luarnya saja," jelas Elsanra.

Dikatakan Elsanra, jemaah yang datang diminta untuk menerapkan protokol kesehatan selama memasuki area masjid. Sebelum datang ke masjid jemaah diimbau agar mengambil wudu dulu di rumah masing-masing.

“Diwajibkan pakai masker dan membawa sajadah dari rumah masing-masing. Wudu di rumah masing-masing. Namun di masjid juga ada tempat wudu,” sebutnya.(*)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update