Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Mendes PDTT Lepas 4.219 Mahasiswa Unand KKN di Kampung Masing-masing

Kamis, 25 Juni 2020 | Juni 25, 2020 WIB Last Updated 2020-06-25T07:30:01Z
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar.
padanginfo.com - PADANG - Universitas Andalas (Unand) Padang melepas mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2020 di kampung masing-masing mahasiswa.

KKN Tematik yang diikuti sebanyak 4.219 mahasiswa dilepas langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar secara virtual di Convention Hall, Rabu (24/6).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar mengatakan mahasiswa melaksanakan KKN dilokasi tempat tinggal masing-masing.

“Di masa pandemi Covid-19, Mahasiswa Unand pada hari ini melaksanakan KKN di nagari dan di desa masing-masing,“ ulasnya.

Tentu ini memiliki nilai tambah karena KKN di desa yang berbeda dari tempat domisili dari tempat tinggal mahasiswa maka harus diawali dengan konsolidasi pemetaan lokasi, potensi, problematika yang dihadapi masyarakat.

“Tetapi ketika KKN dilakukan di nagari maupun desa masing-masing maka urusan pemetaan tentu sudah jauh lebih matang karena mahasiwa sudah bersentuhan dengan masyarakat di nagari maupun desa masing-masing, “ ujarnya.

Mendes PDTT juga menyampaikan bahwa mahasiswa Unand KKN 2020 yang ditunggu kehadirannya dan aksi nyatanya oleh seluruh nagari, perangkat desa yang tentu sebagai upaya agar masyarakat desa dapat melakukan percepatan pembangunan dalam banyak hal terutama penguatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan ekonomi.

“Oleh karena itu, terkait dengan kebijakan Kemendes dalam upaya percepatan pembangunan desa bertumpu pada dua hal yakni berupaya agar terjadi percepatan dan peningkatan SDM didesa yang bersentuhan urusan bidang pendidikan dan kesehatan,“ jelasnya.

Ia juga berharap mahasiswa KKN yang dikelola Universitas Andalas benar-benar sudah menyentuh dan tinggal melanjutkan kegiatan dan program yang terkait dalam peningkatan SDM yang utamanya terhadap dua sektor yakni pendidikan dan kesehatan.

Rektor Unand Prof Yuliandri mengatakan bahwa KKN Unand ini dapat menyadarkan mahasiswa di kampungnya sendiri.  “Melalui KKN Tematik Covid-19 Unand Tahun 2020 kita tingkatkan kesadaran dan ketahanan masyarakat melawan wabah Covid-19 dalam upaya mewujudkan masyarakat tangguh, sehat, dan sejahtera,” sebutnya.(afr)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update