Notification

×

Indeks Berita

UNP Jalankan Perkuliahan PSDKU di Sawahlunto

Rabu, 08 Juli 2020 | Juli 08, 2020 WIB Last Updated 2020-07-08T09:54:24Z
Zohirin Sayuti, Wakil Walikota Sawahlunto.(f:dok)
padanginfo.com - SAWAHLUNTO - Pemko Sawahlunto jalin kerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) untuk membuka program perkuliahan di Sawahlunto.

Salah satu bentuk dari kerjasama itu adalah melaksanakan PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) UNP dengan program studi awal yakni D3 Tambang dan D3 Alat Berat.

Di tahun ajaran baru 2019/2020 ini program perkuliahan PSDKU UNP baik D3 Tambang maupun D3 Alat Berat akan dimulai dengan lokasi kampus sementara di Lokal SDN 7 Muaro Kalaban. Proses penerimaan mahasiswa menjadi tanggung jawab UNP.

"Dalam  kerjasama yang ditandatangani Juli lalu itu disebutkan  Pemko Sawahlunto harus menghibahkan lahan seluas 5,1 hektar bersertifikat dan membangun gedung kampus, sementara UNP bertanggungjawab menanggung sepenuhnya operasional kampus," jelas Zohirin Sayuti, Wakil Walikota Sawahlunto, Rabu (8/7/2020) saat meninjau langsung lahan di area Kandi yang direncanakan untuk lokasi pembangunan kampus.

Dalam kunjungan lapangan tersebut, Wawako menginstruksikan kepada Dinas PU untuk segera melakukan pematangan lahan dan berkoordinasi dengan UNP guna merancang masterplan dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan Universitas.

"Masterplan gedung dan pematangan lahan harus selesai di tahun ini, sehingga di awal tahun 2021 proses pembangunan fisik harus sudah dimulai" ujar Zohirin menginstruksikan.

Zohirin menyebut PSDKU UNP ini adalah upaya membangun kembali roh pendidikan tinggi Sawahlunto yang sempat gagal karena Akademi Komunitas dan Program D3 Tambang yang sempat beroperasi sebelumnya ditarik provinsi.

"Salah satu penyebab kegagalan tersebut adalah tidak terealisasinya janji pembangunan gedung kampus dalam 2 tahun berjalan" ujar Zohirin.

Belajar dari pengalaman tersebut, kini pihaknya serius menindaklanjuti kerjasama membangun kampus Peguruan Tinggi yang akan memberi efek tidak hanya meningkatkan SDM, tapi juga  ekonomi warga Sawahlunto.(ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update