Notification

×

Iklan

Powered By Blogger

Indeks Berita

Walikota Sawahlunto Sampaikan Kuliah Umum di UMMY Solok

Selasa, 21 Juli 2020 | Juli 21, 2020 WIB Last Updated 2020-07-21T11:18:15Z
Walikota Sawahlunto sampaikan kuliah umum pada wisuda UMMY Solok. (f:dok)
padanginfo.com - SOLOK - Semenjak tahun 1990 baru kali ini Kepala Daerah Sawahlunto diundang untuk memberikan  sambutan, mengkin juga kuliah umum, dalam acara Diesnatalis ataupun Wisuda Mahasiswa/wati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok.

Hal ini diungkapkan Deri Asta SH, Walikota Sawahlunto saat memberikan sambutan, kuliah umum di hadapan Civitas Academika UMMY Solok ,dalam momen Rapat Senat Luar Biasa Wisuda ke 54, Sarjana dan Diploma III, Selasa 21/7/20 di Gedung Serbaguna Kubung 13, Solok.

Deri Asta juga membuka kesempatan bagi  Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok untuk menjalin kerjasama, bahkan jika UMMY berminat untuk mendirikan kampus di Sawahlunto, Pemko pun bersedia memfasilitasi.

Disebutkan Walikota Deri Asta, Kota Sawahlunto saat ini memang sedang gencar memberikan peluang kerjasama pada Perguruan Tinggi, baik Negeri maupun Swasta. Sebab banyak manfaat yang didapat Sawahlunto jika ada kerjasama, atau pun ada kampus di 'Kota Warisan Budaya Dunia' versi UNESCO itu.

"Kami sangat membuka diri pada peluang kerjasama ini. Kami tunggu pihak UMMY untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut bagaimana rencana ini kita kaji agar bisa direalisasikan," kata Deri Asta.

Apalagi, kata Walikota, pihak UMMY yang menggunakan nama besar Muhammad Yamin yang merupakan pahlawan nasional putera asli Sawahlunto, maka sangat tepat UMMY menjalin kerjasama dengan Pemko Sawahlunto.

Menyampaikan pesan pada para wisudawan/wati UMMY tersebut, Walikota Deri Asta juga mengingatkan mereka pada spirit Muhammad Yamin. Dikatakan Walikota, alumni UMMY hendaknya mampu menjaga nama besar Muhammad Yamin.

"Seperti Muhammad Yamin, lulusan UMMY ini marilah menjadi pemuda - pemudi pelopor yang menggerakkan perubahan dan membawa manfaat bagi masyarakat banyak. Spirit Muhammad Yamin yang menjadi nama kampus ini, jangan hanya tinggal sebagai nama kampus, tapi hendaklah menyatu dengan sikap dan visi kita," pesan Walikota Deri Asta.

Ditambahkan Walikota, ilmu - ilmu yang didapat para wisudawan/wisudawati janganlah hanya dipakai untuk kepentingan pribadi saja. Namun dapat dibagi pada masyarakat sehingga memberikan manfaat yang luas.

"Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa dibagi, ilmu yang turut dirasakan kegunaannya oleh orang - orang di sekitar kita," sebut Walikota Deri Asta.

Sementara, Rektor UMMY Solok Prof.Dr.Ir. Syahro Ali Akbar menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Walikota Deri Asta yang telah memenuhi undangan pihaknya untuk menyampaikan kuliah umum di hadapan para wisudawan/wati. Untuk tawaran kerjasama, pihaknya menyatakan sangat bergembira menyambut itu dan akan segera menyusun rencana guna pertemuan dan mengkaji lebih lanjut.

Dalam wisuda ke 54, UMMY meluluskan 118 orang mahasiswa dari 4 Fakultas. Yakni Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ekonomi.(tety/ris)

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update